Jumat, 20 September 2019

    Polda Sumut Gerebek Gudang di Kota Rantang, 64 Ton Pupuk Bersubsidi Disita

    Selasa, 23 Februari 2016 19:50:00
    BAGIKAN:
    Google
    Ilustrasi.
    Beritasumut.com - Polda Sumatera Utara (Sumut) menggerebek salah satu gudang di Desa Kota Rantang, Kecamatan Hamparan Perak, Deliserdang. Polisi menyita 1.280 karung atau 64 ton pupuk Urea bersubsidi yang dioplos menjadi nonsubsidi.

    Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut Kombes Pol Ahmad Haydar di Medan, Selasa (23/2/2016) menjelaskan, lokasi yang digerebek tersebut dijadikan tempat penjemuran. Setelah diberi cairan kimia, pupuk Urea bersubsidi dijemur hingga berubah dari pink menjadi putih. Pupuk kemudian dimasukkan ke karung nonsubsidi dan dijual.

    Penggerebekan dilakukan Ditreskrimsus Polda Sumut pada Senin (22/2/2016). Penggerebekan ini merupakan pengembangan penangkapan truk yang mengangkut 24 ton pupuk di Jalan Lintas Sumatera beberapa waktu lalu.

    Di lokasi penggerebekan, petugas hanya menemukan seorang pemasok bersama tiga pekerja yang tengah melakukan penjemuran. Tapi berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, usaha ilegal yang sudah berlangsung empat bulan itu dimiliki seseorang berinisia M. Dia dibantu 15 pekerja.

    Masih menurut Haydar, pupuk bersubsidi yang diselewengkan sebenarnya untuk distribusi Aceh. Jadi, dari luar Sumut dibawa ke Kota Rantang untuk dijemur dan dikemas lagi dan diedarkan di Sumut.

    Polisi sudah menghitung kerugian dari tindak penyelewengan itu. Dari 1.280 karung atau 64 ton pupuk bersubsidi tersebut, pelaku telah merugikan negara lebih dari Rp208 juta.

    Pelaku penyelewengan pupuk bersubsidi dijerat dengan Pasal 21 ayat 2 jo Pasal 30 ayat (1), (2) dan (3) Peraturan Menteri Perdagangan RI No 15/M-Dag/Per/4/2013 tentang Pengadaan dan Penyalur Pupuk Subsidi Pertanian, Pasal 6 ayat (1) uruf b UU Darurat RI No 7 Tahun 1995 tentang Pengusutan Penuntutan dan Peradilan Tindak Pidana Ekonomi. (BS-031)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    IMM Desak Kapolda Sumut Mundur

    Beritasumut.com-Ketua Umum PC IMM Tapsel Sidimpuan, Zulham Hidayah Pardede menyatakan kekecewaanya terhadap kinerja Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (

  • 3 tahun lalu

    Perusahaan Tak Miliki Badan Hukum, Angel Juga Tak Pernah Laporkan Jumlah Pekerjanya

    Beritasumut.com-Angel pemilik PT Cut Sari Asih ternyata tidak pernah melaporkan berapa jumlah tenaga kerjanya kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigra

  • 3 tahun lalu

    Siksa PRT, LBH dan LPSK Laporkan Angel ke Polda Sumut

    Beritasumut.com-Angel, pemilik PT Cut Sari Asih yang dijadikan sebagai tempat penampungan tenaga kerja di Taman Perumahan Ubud, Jalan Eka Rasmi, Medan

  • 3 tahun lalu

    Tekab Unit Buncil Polda Sumut Tangkap Tiga Pembunuh Hamonangan

    Beritasumut.com-Tiga pelaku pembunuhan Paulus Hamonangan Sipangkar (24), di Kampung Karo, Tanah Garapan Selambo, Kecamatan Percut Seituan, pada 22 Jul

  • 3 tahun lalu

    Direktur Reskrimum Polda Sumut Dicopot, Penggantinya dari Polda Aceh

    Beritasumut.com-Direktur Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut, Kombes Pol Dono Indarto mendadak dicopot, Sabtu (23/07/2016)

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.