Rabu, 20 November 2019

    Pengusaha Money Changer Segera Disidangkan

    Selasa, 20 Agustus 2013 11:46:00
    BAGIKAN:
    Google

    Medan, (beritasumut.com) Kasi Pidum Kejari Medan Dwi Agus Arfianto menegaskan, setelah pihak Badan Narkotika Nasional melimpahkan berkas dan tersangka ke Kejari Medan, kasus tersebut segera disidangkan.

    "Setelah berkasnya dipelajari maka pihak kejaksaan langsung melimpahkan kasus ke pengadilan. Tersangka ditahan untuk 20 hari ke depan," ujar Kasi Pidum Kejari Medan Dwi di Medan, Senin (19/8/2013).

    Sebelumnya, BNN melimpahkan berkas perkara dan barang bukti, Midy tersangka kasus money loundring dari hasil transaksi penjualan narkotika yang memiliki jaringan di sejumlah wilayah di Indonesia ke Kejari Medan.

    Midy merupakan Direktur Money Changer Artha Permata Valuta dan ID Remit (pengiriman uang) yang berada di Jalan Kumango No 48, Medan.

    Direktur Pengawasan Tahanan Barang Bukti dan Aset BNN Sundari mengatakan penangkapan terhadap Midy berdasarkan keterangan yang diperoleh dari sejumlah napi dan tersangka mengatakan bahwa dalam menjalankan bisnis narkotika jenis sabu menggunakan cara pembayaran transfer menggunakan rekening dari beberapa bank, yang selanjutnya ditransfer ke rekening BCA atas nama Midy, Sudy, Juliana Janin, Mariani Hartanto.

    Dalam modus operandinya, tersangka memerintahkan anggotanya membuka rekening di BCA, setelah itu buku rekening, ATM, dan token dikuasai untuk digunakan menerima atau pengiriman uang.

    Selanjutnya, agar tidak menarik perhatian tersangka Midy tidak menerapkan sistim pengenalan nasabah dan tidak melaporkan apabila ada transaksi keuangan yang mencurigakan.

    Pihak BNN juga telah menyita sejumlah barang bukti berupa rumah mewah dikawasan Jalan Tembakau Deli No 4E dan Jalan Tembakau No 2F Medan, dua unit mobil diantaranya, Mobil Hyundai H-1 No pol B 1430 UOA dan Mobil Suzuki APV No Pol BK 1777 AY, uang senilai Rp4.061.240.186 serta buku tabungan, atm, token dan BPKB.

    Sebagaimana diketahui,  penangkapan ini berdasarkan keterangan yang menguatkan adanya transaksi pengiriman dan penerimaan melalui sistem perbankan yang diperoleh penyidik BNN.

    Sejumlah saksi sebagian sudah menjalani proses hukuman dan proses persidangan. Diantaranya, Tri Sudarmoko (Napi LP Tanjung Gusta Medan vonis 6 tahun) dengan barang buktu jenis sabu, Anly Yusuf alias Mami (napi LP Wanita Tanjung Gusta Medan vonis 20 tahun) dengan barang bukti narkotika jenis sabu, Mastur Indra yang ditangkap BNN dengan Polda Jatim dituntut 20 tahun di LP Pontianak, Imam Suhadi divonis 4 tahun berperan sebagai penampung uang narkotika dari pengedar gelap narkotika, dimana seluruh asetnya disita negara, Imam Karyoni napi LP Cipinang divonis 1,4 tahun berperan sebagai penampung uang narkotika dari pengedar gelap narkotika, dan Faisal Napi LP Salemba bandar narkotika yang mengendalikan narkotika dan keuangannya. (BS-021)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 6 tahun lalu

    Pengusaha Money Changer Terlibat Pencucian Uang Narkoba

    Medan, (beritasumut.com) Badan Narkotika Nasional (BNN) melimpahkan tersangka dan barang bukti kasus pencucian uang dalam perkara tindak pidana nark

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.