Rabu, 29 Januari 2020

    Mantan Staf Subbag RT Biro Umum Pemprov Sumut Dituntut 1,5 Tahun Penjara

    Kamis, 28 Maret 2013 20:42:00
    BAGIKAN:
    Google
    Ilustrasi
    Medan, (beritasumut.com) – Mantan Staf Subbag Rumah Tangga Pimpinan Biro Umum Setda Pemprov Sumut, Suweno, dituntut 1,5 tahun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada persidangan di Pengadilan Tipikor Medan, Rabu (27/03/2013). Selain hukuman penjara jaksa juga muntut terdakwa dengan hukuman denda Rp50 juta subsider 4 bulan penjara dan membayar uang pengganti Rp85 juta.

    “Terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama,” ujar Jaksa Agustina didampingi Jaksa Mutiara Herlina dihadapan majelis hakim yang diketuai Suhartanto.

    Dalam amar tuntutannya, Jaksa menjelaskan kalau terdakwa melakukan tindak pidana korupsi  uang kegiatan belanja makan dan minum senilai Rp216 juta lebih, bersama atasannya Neman Sitepu, selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kasubbag Rumah Tangga Pimpinan Bagian Rumah Tangga Biro Umum Setda Pemprov Sumut (berkas terpisah). 

    Dijelaskan jaksa bahwa pada Tahun 2011 Biro Umum mengelola anggaran untuk kebutuhan makan dan minum senilai Rp415 juta lebih bersumber dari APBD TA 2011. Namun setelah dana tersebut disalurkan kepada Suweno, untuk selanjutnya dibayarkan kepada sejumlah rumah makan, belakangan diketahui terjadi penggelembungan harga dan mark-up, serta beberapa pembayaran fiktif lainnya.

    "Dan dalam pembayaran tersebut ditemukan selisih pembayaran senilai Rp216 juta lebih dari total anggaran senilai Rp415 juta lebih. Sementara uang yang dibayarkan untuk makan dan minum itu hanya berkisar Rp198 juta lebih. Uang yang tidak bisa dipertanggungjawabkan terdakwa itu senilai Rp220 juta," ujar JPU.

    Selain melakukan penggelembungan harga dan mark-up, lanjut JPU, terdakwa bersama Neman Sitepu juga kerap melakukan pemotongan uang tiap kegiatan sebanyak 14 persen. Akibat perbuatannya, JPU menjerat terdakwa dengan Pasal 2 jo Pasal 3 jo Pasal 18 Jo Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1. (BS-021)
    T#g:Korupsi
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    15 Personil KPK Rekonstruksi di Hotel Swiss Belinn Jalan Gajah Mada Medan

    Beritasumut.com-Sebanyak 15 personil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan rekonstruksi kasus di Hotel Swiss Belinn Jalan Gajah Mada Medan.

  • 2 minggu lalu

    Korupsi DBH PBB Pemkab Labura dan Labusel, Poldasu Tetapkan 5 Tersangka

    Beritasumut.com–Kasus dugaan korupsi Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) dan Labuhanbatu

  • 3 minggu lalu

    Ini Pandangan Psikolog Irna Mianuli Terkait Plt Wali Kota Medan yang Hadiri Sidang Dzulmi Eldin di PN Medan

    Beritasumut.com-Direktur Minauli Consulting, Irna Minauli MSi menilai jika kehadiran Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi dalam sidang lanj

  • 2 bulan lalu

    Optimalkan Penggunaan Media Digital, KPK Gelar Festival Media

    Beritasumut.com-Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menggelar Festival Media Digital Pemerintah 2019, yang juga menjadi rangkaian acara dalam peri

  • 2 bulan lalu

    Wujudkan Lingkungan Kerja Bebas dari Korupsi, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Terima Penghargaan dari Pemerintah Pusat

    Beritasumut.com-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integr

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.