Rabu, 13 November 2019

    Mantan Bupati Simalungun Zulkarnain Damanik Divonis Satu Tahun Enam Bulan Penjara

    Jumat, 11 Januari 2013 02:27:00
    BAGIKAN:
    Google

    Medan, (beritasumut.com) Mantan Bupati Simalungun Zulkarnain Damanik divonis satu tahun enam bulan penjara denda Rp50 juta subsidair satu bulan penjara dalam kasus korupsi anggaran Pemkab Simalungun Tahun 2006 silam oleh majelis hakim diketuai Jonner Manik di Pengadilan Tipikor Medan, Jalan Pengadilan, Medan, Sumatera Utara, Kamis (10/01/2013) malam.

    Seusai sidang, mantan Bupati Simalungun didampingi penasehat hukumnya, Junimart Girsang, menyatakan putusan majelis hakim belum memberikan rasa keadilan bagi dirinya. Sebab, dia yang melaporkan adanya kerugian negara kok kini malah menjadi terdakwa dan diputus pula bersalah oleh majelis hakim.

    Sementara itu, menyikapi putusan Majelis Hakim Tipikor Medan terhadap kliennya, Junimart Girsang secara tegas menyatakan akan mengajukan banding. Karena kasus ini berada diluar koridor hukum. Dikatakan demikian, karena selama proses persidangan tidak satu pun saksi pun yang mendukung dakwaan Jaksa Penuntut Umum khususnya mengenai upah pungut sebab upah pungut tersebut itu sudah dikembalikan terdakwa pada 2006 jauh sebelum dilakukan penyidikan oleh Polres Simalungun.

    Kemudian mengenai upah pungut yang diterima orang lain tentu tidak menjadi tanggungjawab kliennya. Begitupula dengan kedua cek yang dihadirkan sebagai barang bukti oleh JPU Amardi P Barus, penuh dengan kejanggalan diantaranya tidak adanya bonggol cek dan buku cek.

    Junimart juga mengatakan, sampai persidangan berakhir, JPU tidak pernah mau menyerahkan cek asli Nomor CG 788417 dan cek No CG 724329 untuk diuji di Labkrim Polda Sumatera Utara meskipun majelis hakim telah beberapa kali memerintahkannya.

    Bahkan Polda Sumatera Utara telah mengajukan surat mohon pinjam barang bukti No B 16227/XI/2012 terhadap kedua cek ini ke Kajari Siantar namun JPU tetap tidak mau memberikan.

    Selain kedua cek itu, dokumen seperti bonggol cek dan juga control cek yang diminta untuk dihadirkan juga tidak dilakukan oleh JPU.

    Masih kata Junimart, sebenarnya kedua cek tersebut sudah masuk dalam berita acara penutupan buku kas pada 17 Februari 2006.

    Anehnya, cek bernomor CG724329 sebesar Rp130.355.729 atas nama Swiss Damanik tertanggal 20 Februari 2006, sudah tercatat dalam AC 3213 dengan saldo Rp95.427.481, ternyata masuk dalam berita acara penutupan kas tertanggal 17 Februari 2006.

    Jadi sebuah keanehan yang tidak masuk akal bila rekening koran atas cek itu tertanggal 20 Februari 2006 bisa dicantumkan pada berita acara penutupan kas tanggal 17 Februari 2006, atau berbalik ke belakang.

    Keanehan lainnya, kedua cek yang ditandatangani Sugiati selaku Bendahara Umum Daerah yang dicairkan oleh Kepala Cabang Bank Sumut Kantor Bupati Simalungun bisa dicairkan di atas pukul 00.00 tengah malam.

    Namun, Sugiati, pihak Bawasda dan Pimpinan Cabang Pembantu Bank Sumut yang secara jelas bersama-sama mengetahui pencairan kedua cek tersebut, dalam persidangan tidak mau mengakuinya.

    Lagi pula Zulkarnain mengaku tidak mengenal Sugiati secara pribadi, sehingga tidak mungkin baru menjabat 43 hari sebagai Bupati, Zulkarnain mau berkolusi dengan Sugiati.

    Bahkan, Zulkarnain yang mengetahui kecurangan Sugiati ini, telah melapor ke Polres Simalungun pada 6 April 2006, namun justru dirinyalah yang dijadikan tersangka bahkan saat ini menjadi terdakwa dalam perkara ini.

    Terkait panjar untuk insentif Ajudan Bupati dan Wakil Bupati yang dituduhkan JPU kepada Zulkarnain sebagai yang menandatanganinya, telah terbukti di persidangan bahwa nota dinas ditandatangani Sekda Simalungun Sariaman Saragih.

    Anehnya dalam persidangan JPU tidak pernah berani menunjukkan bukti nota dinas tersebut. Soal panjar kerja Dispenda sebesar Rp753.446.727 pada Desember 2005 untuk upah pungut over target yang terdapat kelebihan sebesar Rp297.690.159, dana tersebut tidak ditampung dalam APBD 2006. Selanjutnya telah dikembalikan oleh 47 pegawai Pemkab Simalungun atas kesadaran sendiri pada Tahun 2006-2007 senilai Rp225.047.794.

    Kemudian berdasarkan LHP BPK-RI No 281 A/S/XVIII.MDN/07/2011 tertanggal 27 Juli 2011 jumlah sisa panjar Dispenda adalah Rp72.642.364 yang harus dipertanggungjawabkan melalui proses TP-TGR atau Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi.

    Dari sisa panjar tersebut yang belum mengembalikan senilai Rp26.331.808 atas nama Elmi Sipayung, Arar PM Purba, Krisman Damanik, Hamonangan Sihaloho dan Cyrus Lubis. Untuk itu perlu dipertanyakan mengapa JPU tidak menggunakan LHP BPK RI, lembaga yang oleh UU bertugas mengaudit keuangan negara.

    Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Zulkarnain beranggapan bahwa tuduhan JPU yang menyatakan adanya kerugian negara senilai Rp529 juta sangat kabur dan tidak pernah terbukti selama persidangan. (BS-021)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Kelola Pendidikan Jarak Jauh Tanpa Izin, Sozisokhi Sihura Divonis 2 Tahun Penjara

    Beritasumut.com - Pengadilan Tipikor Medan menjatuhi Sozisokhi Sihura dengan hukuman 2 tahun penjara.Ketua Tim Pengelola Pendidikan Jarak Jauh Univers

  • 4 tahun lalu

    Mantan Ketua Kopkar Pertamina Divonis 11 Tahun Penjara

    Beritasumut.com - Mantan Ketua Koperasi Karyawan (Kopkar) Pertamina Medan Khaidar Aswan divonis hukuman 11 tahun penjara dalam persidangan di Pengadil

  • 4 tahun lalu

    Aniaya PRT, Syamsul Anwar Divonis 17 Tahun Penjara

    Beritasumut.com - Terdakwa kasus penganiayaan pembantu rumah tangga (PRT) di Medan, Syamsul Rahman alias Syamsul Anwar (46) dijatuhi hukuman 17 tahun

  • 4 tahun lalu

    Aniaya PRT, Bibi Randika Divonis 17 Tahun Penjara

    Beritasumut.com - Salah seorang terdakwa utama perkara penganiayaan terhadap pembantu rumah tangga (PRT) di Medan, Bibi Randika, dinyatakan terbukti b

  • 4 tahun lalu

    Pemilik 354 Kg Ganja Yang Kabur Divonis Seumur Hidup

    Beritasumut.com - Sulaiman Daud (19), terdakwa pemilik 354 kg ganja, dijatuhi hukuman seumur hidup oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan, Rabu (1

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.