Selasa, 22 Oktober 2019

    LPPI Minta Aparat Penegak Hukum Tuntaskan Kasus Pengeroyokan Wartawan di Madina

    Minggu, 18 Mei 2014 20:25:00
    BAGIKAN:
    Korban Jeffry Barata Lubis. (Dok)
    Panyabungan, (beritasumut.com) – Dewan Pimpinan Kabupaten Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Pengembangan Pembangunan Indonesia Mandailing Natal (DPK LSM LPPI Madina) meminta aparat penegak hukum menuntaskan kasus pengeroyokan dan penganiayaan wartawan Madina, Jeffry Barata Lubis pada 25 Maret 2014 lalu di depan Lapas Klas IIB Panyabungan oleh puluhan OTK yang diduga suruhan salah satu narapidana yang sedang mendekam di penjara.

    Hal itu disampaikan Ketua DPK LSM LPPI Madina Abdul Mansur Lubis di Panyabungan, Ahad (18/5/2014) menanggapi lambannya proses hukum terhadap penuntasan kasus tersebut.

    “Bila dicermati dengan teliti, memang terlihat jelas adanya dugaan permainan hukum dalam penuntasan proses hukum kasus ini. Pasalnya, bukti-bukti awal yang mengarah pada adanya dalang atau aktor intelektual penyebab terjadinya pengeroyokan dan penganiayaan terhadap wartawan ini, pasalnya tidak dimasukkan dalam BAP,” ujarnya.

    Kemudian lanjutnya, adanya dugaan oknum yang terlibat dalam kejadian tersebut tidak diikutsertakan menjadi tersangka. Padahal berdasarkan keterangan korban, puluhan OTK yang mengendarai 2 unit mobil L300 jenis pick up dan mini bus (ambulance) berbalut stiker Partai Hanura dimana salah satu mobil tersebut bergambar Caleg No 10 Dapil I berinisial AMN, melakukan pengeroyokan dan penganiayaan terhadap dirinya, ditambah lagi korban tidak mengenal sama sekali oknum pelaku pengeroyokan apalagi mempunyai masalah dengan pelaku sebelumnya.

    Sambungnya, bukti adanya SMS masuk, “Satonga mate dot lombom-lombom, aman do Bg (setengah mati dan lembam-lembam, amankan Bg)” di handphone oknum narapidana yang sedang mendekam di penjara yang juga Ketua DPC Partai Hanura Madina berinisial AMN yang sebelum kejadian sempat mengajak korban Jeffry Barata Lubis berkelahi telah disita Polres Madina, diduga merupakan bukti jelas adanya aktor dibalik terjadinya pengeroyokan dan penganiayaan tersebut.

    “Saya yakin, apabila aparat hukum dalam hal ini Polres Madina bekerja profesional dan tidak setengah hati maka kasus ini akan terungkap dengan jelas sampai ke akarnya dengan menerapkan Pasal 170 sub 351 jo 55 dan 56 KUHP, pasti keadilan dan penegakan supremasi hukum akan tercipta,” tegasnya.

    Mansur juga meminta Kejari Panyabungan agar jeli dan bekerja profesional, sebab berkas tahap satu yang saat ini telah ada di Kejari Panyabungan tentunya sudah dipelajari dan diketahui kemana alur kejadian yang sebenarnya.

    “Kejari Panyabungan harus tegas dalam menentukan sikap, karena di mata hukum semua manusia itu sama tidak membedakan status sosial, miskin ataupun kaya,” sebutnya.

    Saat ini masyarakat Madina masih menunggu sejauh mana penegakan supremasi hukum terhadap kasus pengeroyokan dan penganiayaan terhadap wartawan Madina Jeffry Barata Lubis dan juga kasus-kasus lainnya. Sebab, apabila masyarakat sudah tidak percaya lagi terhadap aparat yang melakukan penegakan hukum kepada siapa lagi masyarakat akan percaya.

    Dari informasi yang dihimpun wartawan, saat ini Berkas Acara Perkara (BAP) kasus pengeroyokan dan penganiayaan yang diduga telah direncanakan sebelumnya tersebut sudah di tangan Kejari Panyabungan dan akan dikembalikan ke Polres Madina (P19) untuk dilengkapi dengan menambahkan Pasal 55 KUHP sesuai alur cerita yang ada di BAP korban dan pelaku. (BS-026)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Saksi Pelapor Sakit Tak Bisa Bicara, Bupati Madina untuk Sementara Aman

    Beritasumut.com-Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution untuk sementara 'aman'.Pasalnya, Penyidik Subdit II/Harta Benda, Bang

  • 3 tahun lalu

    Empat Daerah di Sumut Belum Ambil Vaksin Meningitis untuk Calon Jamaah Haji

    Beritasumut.com-Kepala Bidang Bina Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut), dr NG Hikmet mengaku, hingga saat ini hanya

  • 3 tahun lalu

    Dinkes Kota Medan Tunjuk 21 Puskesmas Layani Vaksin Meningitis Calon Jamaah Haji

    Beritasumut.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan menunjuk 21 unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk melayani calon jamaah haji yang akan

  • 3 tahun lalu

    Wakil Bupati Labuhanbatu Buka Manasik Haji Akbar 1437 H/2016 M

    Beritasumut.com-Wakil Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT membuka acara Manasik Haji Akbar Calon Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu Tahu

  • 3 tahun lalu

    Padanglawas Kloter Pertama Jamaah Haji Embarkasi Medan

    Beritasumut.com-Jamaah haji asal Kabupaten Padanglawas akan berangkat pada kloter pertama musim haji 1437 H /2016 M Embarkasi Medan pada tanggal 9 Agu

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.