Kejagung Periksa Istri Tua Gubernur Sumut

Kejagung Periksa Istri Tua Gubernur Sumut
Istimewa
Sutiyas Handayani diperiksa.
Beritasumut.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) melanjutkan pemeriksaan sejumlah saksi dalam kasus dugaan korupsi Dana Hibah dan Dana Bantuan Sosial (Bansos) Pemprov Sumatera Utara (Sumut). 

Kali ini, giliran istri tua Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, Sutiyas Handayani, yang diperiksa penyidik, Rabu (18/11/2015).

Sutiyas menjalani pemeriksaan bersama sejumlah saksi lainnya. Mereka diperiksa bersamaan di Aula Kejari Medan mulai sekitar pukul 09.00 WIB. Hingga pukul 11.15 WIB Sutiyas masih menjalani pemeriksaan.

"(Sutiyas) diperiksa sebagai Ketua Dekranasda Sumut. Ini lagi diperiksa dia," ujar Ketua Tim Satgasus Kasus Bansos Sumut Victor Antinius.

Dia menambahkan, hari ini mereka memanggil 30 saksi. "Hanya sebagian kecil yang datang," imbuhnya.

Pemeriksaan ini terkait dugaan korupsi Dana Hibah dan Dana Bansos Pemprov Sumut 2012-2013. Dalam kasus ini, Gubernur Gatot Pujo Nugroho dan Kepala Kesbangpol Linmas Eddy Syofian Purba, sudah dijadikan tersangka. Gatot dinilai tidak melakukan verifikasi penerima Dana Bansos. Sementara Eddy meloloskan berkas yang belum lengkap.

Sebelumnya, Kejagung sudah memeriksa sejumlah penerima Dana Bansos Pemprov Sumut. Selain itu, belasan Pegawai Negeri Sipil Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Sumatera Utara juga diperiksa. Penyidik juga sudah menggeledah Kantor Badan Kesbangpol Linmas, Kantor Gubernur, dan Kantor DPRD Sumut. (BS-031)