Selasa, 12 November 2019

    Kapolres Tidak Bisa Pastikan Pembakaran Kafe di Sibuhuan Tak Berbuntut Pidana

    Rabu, 11 Maret 2015 20:03:00
    BAGIKAN:
    Kapolres Tapsel AKBP Drs Parluatan Siregar (kiri) di acara Musyawarah Lintas Sektor di Aula Mapolsek Barumun, Rabu (11/3/2015). (Sahat G Lubis)
    Beritasumut.com Kepala Kepolisian Resort Tapanuli Selatan (Kapolres Tapsel) AKBP Drs Parluatan Siregar tidak bisa memastikan bahwa pembakaran 17 kafe di Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) tidak berbuntut pidana. 

    Karena, dari kejadian tersebut kepolisian sudah menerima pengaduan sebanyak 10 aduan, yaitu sebanyak 6 pengaduan di Polres Tapsel dan 4 pengaduan di Polsek Barumun.

    "Saya Kapolres Tapsel tidak bisa memastikan bahwa pembakaran 17 rumah (kafe) tidak berbuntut pidana. Karena sampai saat ini sudah ada 10 LP (pengaduan) yang masuk, 6 LP di Polres Tapsel, dan 4 LP di Polsek," ujar Kapolres di dalam musyawarah lintas sektor yang diseleggarakan oleh Polsek Barumun di Aula Mapolsek Barumun, Rabu (11/3/2015).

    Ditambahkan Kapolres, dia sangat menyayangkan bahwa aksi pembakaran 17 kafe tersebut dengan dalih massa yang tidak bisa terkendali. Karena sebelum juga Pemerintah Daerah (Pemda) sudah melakukan imbauan kepada pihak-pihak yang diduga melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Palas Tentang Ketertiban Umum.

    Ditambah tim terpadu sebelumnya juga telah melayangkan surat imbauan kepada seluruh pemilik kafe melalui Peraturan Bupati (Perbup) Palas. Dalam Perbup itu ditegaskan, apabila dalam waktu 7 kali 24 jam atau sampai 4 Maret 2015, tidak membongkar bangunan dan menutup sendiri kafenya, pemilik kafe siap menerima sanski berupa pembongkaran paksa.

    Kemudian, Kapolres juga mengharapkan kepada Pemda untuk menyelesaikan permasalahan terkait pembakaran 17 kafe tersebut, dan tidak melebar ke Polres Tapsel maupun ke Polda Sumatera Utara, dan dapat diselesaikan di wilayah Kabupaten Palas.

    Kapolres juga menekankan kepada jajarannya, agar kejadian yang demikian tidak terurang lagi. Kemudian kepada Satpol PP, Kapolres juga meminta untuk menjalankan tupoksinya semaksimal mungkin dalam menegakkan Perda.

    Hadir dalam musyawarah tersebut, mewakili Bupati Palas Asisten I GT Hamonangan Daulay, Kabag Pemerintahan Arjusli Siregar, Kabag Hukum Agus Saleh Saputra Daulay, Kakan Satpol PP Palas Romy Saiful, Camat Lubuk Barumun Ass'ad Tufeil, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja. Sedangkan unsur masyarakat, alim ulama, Tokoh Adat Banggor Harahap, Ketua FPI Palas Tongku Hasibuan, dan LSM.

    Sedangkan Kapolres didampingi Kabag Binmas AKP Sutan Siregar, Kasatintel AKP Ahmad Fauzi, Kasatsabhara AKP JW Sijabat, Kapolsek Barumun AKP Huayan Harahap, Kapolsek Sosa AKP Henman Limbong, Kapolsek Barumun Tengah AKP Agus M Butarbutar, dan Kapolsek Sosopan AKP Bantu Sihombing.

    Sebelumnya massa yang mencapai ribuan orang  membakar belasan kafe remang-remang yang diduga sebagai tempat mesum di wilayah Kecamatan Barumun dan Lubuk Barumun, Jumat (6/3/2015) lalu. (BS-032)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Hadiri Zikir dan Tabligh Akbar di Sibuhuan, Plt Gubernur Sumut: Mari Doakan Pilkada Serentak Sukses

    Beritasumut.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi mengajak seluruh masyarakat Padang Lawas (Palas) untuk berd

  • 4 tahun lalu

    AKBP Rony Samtana Kapolres Tapsel Yang Baru

    Beritasumut.com - Sejumlah Kapolres jajaran Polda Sumatera Utara (Sumut), dimutasi termasuk Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel). Mutasi tersebut t

  • 5 tahun lalu

    5 Tahanan Rutan Sibuhuan Diamankan

    Beritasumut.com - Satu orang  tahanan Cabang Rutan Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas, Sumatera Utara (Sumut) yang melarikan diri kembali ditangkap.

  • 5 tahun lalu

    8 Tahanan Rutan Sibuhuan Kabur

    Beritasumut.com - Sebanyak delapan tahanan melarikan diri dari Cabang Rutan Sibuhuan, Padanglawas, Sumatera Utara (Sumut). Empat di antaranya berhasil

  • 5 tahun lalu

    Kebakaran di Wek I Sibuhuan, 2 Rumah Rata Dengan Tanah

    Beritasumut.com Kebakaran terjadi di Jalan Sudirman, Wek I, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Senin (9/2/

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.