Imom Saleh Ritonga dan Aidil Agus Ditahan di Rutan Tanjung Gusta


Imom Saleh Ritonga dan Aidil Agus Ditahan di Rutan Tanjung Gusta
Google
Ilustrasi
Medan, (beritasumut.com) Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menjebloskan dua orang tersangka korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) Pemprov Sumut 2010, Imom Saleh Ritonga dan Aidil Agus ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjung Gusta, Medan, Rabu (29/5/2013).

Imom Saleh Ritonga yang merupakan Staf Ahli Fraksi Gerindra Bulan Bintang Reformasi DPRD Provinsi Sumut dan Aidil Agus Staf Sekretaris DPRD Sumut sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak Oktober 2012 lalu, langsung ditahan setelah berkasnya dinyatakan lengkap.

"Penahanan terhadap keduanya untuk mempermudah proses penuntutan hingga pada persidangan nantinya," ucap Kasi Pidsus Kejari Medan Robinson Sitorus.

Penahanan kedua orang tersangka diketahui untuk kali pertama dilakukan, selama proses penyidikan berlangsung di Kejati Sumut. Saat itu, Kejati Sumut hanya menyampaikan alasan-alasan berupa kedua tersangka dianggap koperatif dan banyak memberikan data-data yang diperlukan penyidik.

Kedua tersangka terlihat hanya bisa pasrah dan menutupi muka saat sejumlah awak media yang hendak mengambil foto.

Adapun kerugian negara dalam perkara ini berkisar Rp2 miliar. Peran keduanya dalam perkara bansos adalah, sebagai LSM yang mengajukan permohonan dana bansos ada dugaan "permainan" antara keduanya dengan oknum di Pemprov Sumut.

"Kerugian negara dalam perkara dua orang tersangka ini berkisar Rp2 miliar. Dua orang tersangka disangkakan melanggar Pasal 2 dan Pasal 3 UU Tipikor. Untuk JPU yang menyidangkannya nanti adalah Polim Siregar, Ardiansyah dan saya sendiri," ujarnya. (BS-021)

Tag: