Hati-hati! Aksi Penipuan Terhadap Peserta Seleksi CPNS


Hati-hati! Aksi Penipuan Terhadap Peserta Seleksi CPNS
Google

Medan, (beritasumut.com) Seleksi penerimaan CPNS dimanfaatkan pelaku kejahatan. Mereka  mencoba menipu peserta yang sudah dinyatakan tidak lulus.

Kejadian ini dialami Yuli Elvira (23), warga Medan. Jebolan DIII Akuntansi Politeknik Medan ini memang sudah dinyatakan tidak lulus dalam seleksi CPNS di Kementerian Kehutanan yang diumumkan pada 4 Desember lalu.

"Tiba-tiba, kemarin (Rabu, 25/12/2013) saya dihubungi seseorang yang mengaku bernama Andi Rahman. Dia bilang bisa membantu, karena masih ada posisi kosong pada penerimaan CPNS Kehutanan kali ini," kata Yuli di Medan, Sabtu (28/12/2013).

Untuk meyakinkan, laki-laki yang menelepon menggunakan nomor ponsel 082313456456 ini mampu menyebutkan data pribadi Yuli. Dia bahkan mengetahui nomor ijazah dan nomor peserta ujian milik gadis ini. 

"Entah dari mana dapatnya data itu," jelas Yuli.

Laki-laki yang menggunakan nama Andi Rahman ini kemudian mengarahkan Yuli untuk menelepon seseorang yang katanya pejabat Kemenhut. 

"Jika berminat hubungi Kepala Biro kepegawaian/Ketua Panitia Penerimaan CPNS Kemenhut (Ir Billi Indra MSc) No hp 085 335 035 678. Disampaikan saja kepada beliau dapat hubungan dari Pak Andi Rahman," tulis laki-laki itu dalam pesan SMS yang diterima Yuli.

Karena penasaran, Yuli mencoba menghubungi nomor yang diberikan Andi. Teleponnya langsung berjawab. Dari komunikasi itu, pria di ujung telepon meminta sejumlah uang agar Yuli bisa diluluskan.

"Dia bilang, kalau mau, transfer dulu uang Rp5,5 juta, nanti setelah dikirim SK langsung keluar. Nanti akan dikirim email lagi," katanya.

Yuli dan keluarganya tidak percaya dengan iming-iming pria itu. Mereka menolak mengirimkan uang yang diminta. 

"Sudah jelas itu penipu. Saya sampaikan kejadian ini, agar tidak ada yang tertipu," pungkas Yuli. (BS-021)

Tag:Penipuan