Gelapkan Uang Izin, Calo Dispenda Diboyong ke Mapolsek Medan Timur


Gelapkan Uang Izin, Calo Dispenda Diboyong ke Mapolsek Medan Timur
Raju Kumar di Mapolsek Medan Timur. (A Chan)
Medan, (beritasumut.com) Raju Kumar (38) diboyong ke Mapolsek Medan Timur, Senin (7/7/2014). Raju diduga melakukan penggelapan uang milik Harri (26), pemilik perusahaan Biro Jasa Havery, Jalan Pasar III, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan.

Di Mapolsek Medan Timur, korban mengaku pelaku merupakan calo di Kantor Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Medan. Ia menyuruh pelaku  untuk menyetorkan uang Rp5 juta ke Dispenda, setelah biro jasa itu selesai mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) milik salah satu kliennya.

"Dia (Raju) hanya saya suruh memberikan uang itu ke Dispenda untuk disetor, tapi sampai sekarang tidak pernah sampai ke Dispenda," katanya.

Ia mengetahui aksi penipuan itu saat pergi ke Dispenda untuk mengambil SIUP tersebut, namun korban tidak bisa mendapatkannya.

"Kata pegawai Dispenda, uangnya belum disetor," katanya.

Mendengar perkataan itu, Harri pun memanggil Raju untuk menanyakan uang yang sudah diberikannya. Namun, Raju tetap bersikeras telah menyetornya.

"Dia tetap bertahan sudah menyetorkannya. Tapi, setelah kutanya buktinya, dia (Raju) tak bisa menunjukkannya," sebutnya.

Kanitreskrim Polsek Medan Timur AKP Syarifur Rahman mengaku bahwa pelaku akan bertanggungjawab mengembalikan uang tersebut.

"Dia sudah membuat surat perjanjian akan mengembalikannya," ujarnya. (BS-001)

Tag: