Kamis, 21 November 2019

    Gagal Bekerja di Malaysia, 5 Wanita Asal Brebes Mengadu ke Polda Sumut

    Senin, 06 Januari 2014 19:11:00
    BAGIKAN:
    Google
    Ilustrasi
    Medan, (beritasumut.com) Lima orang wanita asal Brebes, Jawa Tengah mendatangi Mapolda Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja XII Km 10,5, Medan, Senin (6/1/2014).

    Kelima wanita asal Brebes tersebut yakni IR (17), WYS (17, Rn (16), TL (16) dan Wastina (21). Kedatangan mereka guna membuat laporan karena telah menjadi korban  praktik perdagangan manusia (trafficking) setelah gagal diberangkatkan ke Malaysia.

    Kelimanya mendatangi Subdit IV/Renakta Direktorat Reskrimum Polda Sumut didampingi Pokja Pengaduan dan Fasilitas Pelayanan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Sumut.

    IR mengaku diajak teman sekampungnya, Karnoto (31) untuk mengadu nasib di Malaysia. Laki-laki yang telah mempunyai istri seorang TKW di Malaysia ini menjanjikan mereka pekerjaan sebagai tenaga cleaning service (CS) dengan upah RM  600 per bulan.

    "Kami berangkat dari Berebes pada 4 September 2013 lalu bersama Karnoto dan Ibu Uncuk (teman Karnoto). Ternyata kami tidak  langsung dibawa  ke Malaysia, melainkan ke Bandung. Sekitar setengah bulan kami lalu dibawa ke Pekanbaru dengan menumpang pesawat. Dari sana kami dipindahkan lagi ke Binjai," ujarnya.

    Pada 27 Desember 2013, kelimanya rencananya diberangkatkan ke Malaysia melalui Pelabuhan Tanjung Balai. Namun, mereka tidak dapat berangkat karena dokumen seperti KTP dan paspor mereka dipalsukan. Kelima perempuan ini pun sempat diamankan pihak imigrasi. Mereka lantas ditampung di Pusat Pelayanan Terpadu Perlidungan Perempuan dan Anak (P2TPA).

    Kasubdit IV/Renakta Direktorat Reskrimum Polda Sumut AKBP Juliana Situmorang mengatakan, laporan kelima korban sudah diterima dan sedang dalam pemberkasan.

    "Laporan korban masih di-BAP, kita akan selidiki dan kembangkan. Jika benar ada pemalsuan dokumen dan tindak pidana perdagangan manusia, apalagi anak-anak, kita lihat siapa yang terlibat," katanya. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Perusahaan Tak Miliki Badan Hukum, Angel Juga Tak Pernah Laporkan Jumlah Pekerjanya

    Beritasumut.com-Angel pemilik PT Cut Sari Asih ternyata tidak pernah melaporkan berapa jumlah tenaga kerjanya kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigra

  • 3 tahun lalu

    Siksa PRT, LBH dan LPSK Laporkan Angel ke Polda Sumut

    Beritasumut.com-Angel, pemilik PT Cut Sari Asih yang dijadikan sebagai tempat penampungan tenaga kerja di Taman Perumahan Ubud, Jalan Eka Rasmi, Medan

  • 3 tahun lalu

    Wika, Korban Trafficking Dipulangkan dari Kuala Lumpur

    Beritasumut.com-Warga Negara Indonesia diduga menjadi korban human trafficking atau Tindak Pidana Penjualan Orang (TPPO) di Malaysia terus bertambah.

  • 3 tahun lalu

    Tekab Unit Buncil Polda Sumut Tangkap Tiga Pembunuh Hamonangan

    Beritasumut.com-Tiga pelaku pembunuhan Paulus Hamonangan Sipangkar (24), di Kampung Karo, Tanah Garapan Selambo, Kecamatan Percut Seituan, pada 22 Jul

  • 3 tahun lalu

    Enam Nelayan Tradisional Langkat Ditangkap Polisi Malaysia

    Beritasumut.com-Enam nelayan tradisional asal Kelurahan Sei Bilah, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, ditangkap polisi maritim Malaysia ketika me

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.