DPO Polsek Talun Kenas Babak Belur Dihajar Warga


DPO Polsek Talun Kenas Babak Belur Dihajar Warga
Mberngap Ginting
Karya Syah Putra Ginting
STM Hilir, (beritasumut.com) – Karya Syah Putra Ginting (25) warga Gang Rasmi, Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) Polsek Talun Kenas sejak 24 Januari lalu terkait kasus pencurian satu unit sepeda motor Yamaha Vega RZ BK 5729 MAD, babak belur dipermak warga Dusun Batuktak, Desa Lau Barus Baru, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Senin (11/02/2013) sekira pukul 23.50 WIB.

Awalnya pelaku mendatangi rumah Morkat Siregar (50) di Dusun Batuktak dengan modus berpura-pura bertamu. Saat itu satu unit sepeda motor sedang parkir di teras rumah. Kedatangan tamu, anak korban langsung menghubungi ayahnya yang sedang tukam di Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tanjung Morawa.

Setelah Morkat Siregar tiba dirumahnya, tamu yang menunggunya itu sama sekali tidak dikenalnya. Akhirnya warga melakukan interograsi dan melakukan penggeledahan terhadap pelaku. Pada saat dilakukan penggeledahan, dari saku jaket pelaku warga menemukan satu buah kunci T dan satu buah obeng yang sudah dibentuk L. Saat warga menanyakan kunci itu akan digunakan untuk apa, pelaku malah mencoba kabur.

Entah siapa yang mengkomandoi pelaku langsung dihajar warga hingga babak belur. Kemarahan warga mulai memuncak ketika salah seorang warga mengetahui kasus pencurian sepeda motor milik Sahnan (36) warga Gang Kasmir, Dusun V, Desa Bangun Rejo, sepekan lalu, yang waktu itu sedang diparkir di gubuk ladangnya di Dusun Batutak.

Perbuatan itu ternyata diakui Karya Syah Putra Ginting. “Sepeda motor itu telah dijual kepada salah seorang di Kecamatan Galang,” ucap ayah dua orang anak ini kepada penyidik.

Kapolsek Talun Kenas AKP Amir Sinaga didampingi Kanit Reskrim Aiptu A Gultom ketika dikonfirmasi, Selasa (12/02/2013) membenarkan peristiwa tersebut dan pelaku yang dihajar warga itu merupakan DPO. Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara, jelas mantan Kanit Tipikor Polres Deli Serdang ini. (BS-028)

Tag: