BBPOM Sita Obat Tradisional Senilai Rp 650 Juta di Kawasan Jalan Mabar


BBPOM Sita Obat Tradisional Senilai Rp 650 Juta di Kawasan Jalan Mabar
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menyita sebanyak 37 jenis obat kuat dan tradisional senilai Rp 650 juta.

Kepala BBPOM Medan Ali Bata, menyampaikan obat-obat tersebut disita dari salah satu rumah yang berada di kawasan Jalan Mabar, Selasa (26/04/2016) siang. "Kita mendapatkan informasi mengenai obat-obat ini. Jadi kita melakukan pengintaian dan kita verivikasi selama seminggu sebelum akhirnya kita tangkap," jelasnya, kepada wartawan, di Kantor BBPOM Medan.

Obat-obat kuat tersebut, sebut  Ali Bata merupakan milik pria berinisial AY. Saat ini, tersangka katanya masih dilakukan

pemeriksaan untuk dilakukan pendalaman terkait kasus penyitaan tersebut. "Obat-obat ini mengandung bahan yang seharusnya diawasi oleh dokter. Karena dapat menyebabkan dampak bagi kesehatan seperti jantung, gangguan ginjal, bahkan kematian," terangnya.

Dalam tangkapan itu, lanjut Ali, diemukan jenis-jenis obat berupa kopi joss, obat tradisional rematik, obat kuat, pikang suang, tongkat ajimat, pelangsing, pil tupai, gali-gali, buah merah dan urat madu. "Tersangka AY akan dijerat dengan sanksi kurungan penjara selama 15 tahun dengan denda sebanyak Rp 1,5 miliar, sesuai dengan pasal 197 tentang hak izin edar," pungkasnya.(BS01)

Tag:BBPOMBPOM