BAP 4 Oknum Polisi Tersangka Pemeras Dilimpahkan ke Jaksa


BAP 4 Oknum Polisi Tersangka Pemeras Dilimpahkan ke Jaksa
Google

Medan, (beritasumut.com) Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) empat personel Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Timur yang diduga melakukan pemerasan terhadap korban suami istri berinisial Y dan D, dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Berkas tahap pertama sudah dilimpahkan ke JPU. Tapi belum ada tanggapan, apakah P-19  (belum lengkap), agar dilengkapi kembali. Kita sedang menunggunya," ujar Kasubdit II Harda/Tahbang Ditreskrimum Polda Sumatera Utara AKBP Yusuf Saprudin saat dikonfirmasi di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja XII Km 10,5, Medan, Senin (9/12/2013) siang.

Menurut Yusuf, keempat personel polisi tersebut yakni Briptu BH, Brigadir IP, Briptu MB dan Briptu MA, tersangka pemerasan terhadap korban sebesar Rp180 juta. 

"Murni melakukan pemerasan terhadap korban. Korban juga diperiksa oleh penyidik di Direktorat Reserse Narkoba," imbuhnya.

Soal adanya narkotika jenis sabu seberat 16,5 gram yang dimiliki keempat personel tersebut, Yusuf tidak mau mencampurinya. Pasalnya, atas kepemilikan narkotika jenis sabu tersebut sedang ditangani Satuan Reserse Narkoba Polresta Medan. 

"Kalau itu bukan kita, tapi Reserse Narkobalah. Kita cuma menangani kasus pemerasannya saja," tandas Yusuf.

Terpisah, Direktur Ditresnarkoba Polda Sumut Kombes Pol Toga Habinsaran Panjaitan yang dikonfirmasi soal kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 16,5 gram tersebut, mengatakan pihaknya masih menunggu selesainya penyidikan yang dilakukan Ditreskrimum Polda Sumut. Setelah itu barulah pihaknya melakukan penyidikan. 

"Masih ditangani Serse. Setelah itu, baru kita periksa soal narkobanya melalui Satker (Satuan Kerja) Narkoba Polresta Medan," ungkap mantan Kapolres Labuhan Batu itu.

Toga menyebutkan, setelah pemeriksaan di Satuan Narkoba Polresta Medan selesai, kemudian dilanjutkan pemeriksaan di Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Sumut. 

"Pemeriksaan kemudian dilakukan oleh Bid Propam. Untuk saat ini, kita baru menerima tembusan untuk penyidikan terhadap anggota itu," jelasnya.

Sebelumnya, Ditreskrimum Polda Sumut menetapkan 4 personel Unit Reskrim Polsek Medan Timur sebagai tersangka yang diduga melakukan pemerasan sebesar Rp180 juta terhadap pasangan suami istri yang ditangkap atas dugaan keterlibatan bisnis narkoba.  Keempat petugas Polsek Medan Timur itu dibawa ke Propam Polda Sumut, Sabtu (23/11/2013). 

Selain empat personel Polsek Medan Timur, suami istri berinisial Y dan D turut diamankan dari kediamannya di Jalan Marelan Raya Gang Intan, Lingkungan X, Kecamatan Medan Marelan. Turut disita barang bukti uang tunai sebesar Rp117 juta yang diduga hasil pemerasan dan sabu seberat 16,5 gram. (BS-001)

Tag:BAP