6 Penghuni LP Tanjung Gusta Medan Terima Remisi Nyepi


6 Penghuni LP Tanjung Gusta Medan Terima Remisi Nyepi
Ilustrasi. (Google)
Medan, (beritasumut.com) Sebanyak 6 dari 16 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjung Gusta, Medan, mendapat remisi khusus hari besar keagamaan pada Hari Raya Nyepi, Senin (31/3/2014). Lima orang lainnya juga masih diusulkan untuk mendapatkan pemotongan tahanan.

"Jumlah warga binaan kita yang beragama Hindu 16 orang. Sebanyak 11 orang kita usulkan untuk mendapat remisi, karena dinilai sudah memenuhi syarat, seperti sudah menjalani 2/3 masa hukuman. Namun dari 11 orang itu, baru 6 orang yang sudah turun remisinya," ujar Kepala LP Tanjung Gusta Lilik Sujandi di Medan, Senin (31/3/2014).

Sementara itu, remisi yang diusulkan untuk 5 orang lainnya belum mendapat persetujuan karena masih terganjal Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

"Karena persetujuannya harus dari pusat. Kita masih menunggu," ucap Lilik.

Dia memaparkan, keenam narapidana yang sudah mendapat remisi mendapat pemotongan hukuman  bervariasi, namun potongan tertinggi selama 1 bulan 15 hari. Tidak ada satu pun yang mendapat remisi bebas, karena masa tahanan mereka masih panjang.

Para narapidana yang mendapat remisi umumnya dihukum karena kasus narkoba.

"Tapi ada juga kasus pembunuhan dan asusila," pungkas Lilik. (BS-001)

Tag: