418 Amplop Ganja Ditemukan di Cabrutan Pancur Batu


418 Amplop Ganja Ditemukan di Cabrutan Pancur Batu
Google

Pancur Batu, (beritasumut.com) Tiga warga binaan Cabang Rumah Tahanan (Cabrutan) Pancur Batu diamankan, menyusul ditemukannya ganja sebanyak 418 di lokasi rumah tahanan tersebut. Ganja yang dibungkus dalam plastik dan dimasukkan dalam ember berisi pakaian kotor itu pertama kali ditemukan oleh Isdianto salah seorang petugas Cabrutan Pancur Batu yang sedang melakukan patroli, Rabu (3/7/2013).

Untuk pengusutan lebih lanjut, ketiga napi masing-masing Muliansyah Harahap (28) warga Jalan Letda Sujono Gang Saudara, Medan, Veri (26) warga Jalan Prajurit, Desa Tengah, Kecamatan Pancur Batu, dan Simon Bukit (46) warga Pancur Batu diserahkan ke Polsek Pancur Batu berikut barang buktinya.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, siang itu Isdianto yang sedang bertugas jaga melakukan patroli di wilayah kerjanya. Saat berjalan di dekat pos jaga dalam, Isdianto merasa curiga dengan ember berisi pakaian kotor yang lagi diduduki Muliansyah Harahap. Untuk membuktikan kecurigaannya itu, petugas piket ini pun menyuruh Muliansyah berdiri sekaligus mengeluarkan pakaian kotor di dalam ember tadi.

Ternyata, setelah diperiksa ditemukan bungkusan plastik berisi 418 amplop daun ganja kering. Isdianto kemudian menanyakan siapa pemilik ganja tersebut kepada Muliansyah. Dengan wajah kalut, Muliansyah mengaku barang haram itu bukan miliknya.

Selanjutnya Muliansyah yang merupakan napi kasus ganja yang divonis 5 tahun denda Rp1 miliar subsider 2 bulan kurungan, dan telah menjalani masa hukuman  3 tahun ini dibawa ke kantor untuk diinterogasi.

Dari pemeriksaan Muliansyah ini, petugas selanjutnya mengamankan Veri dan Simon Bukit. Selanjutnya, pihak Cabrutan Pancur Batu menghubungi petugas Polsek Pancur Batu. Tak lama kemudian, Tim Reskrim yang dipimpin langsung Kapolsek Pancur Batu Kompol Darwin Sitepu turun ke rumah tahanan milik negara itu untuk melakukan penyelidikan.

Begitu tiba di dalam, dengan didampingi sejumlah petugas Cabrutan Pancur Batu, petugas polisi ini memeriksa seluruh sel para napi, termasuk kamar sel ketiga napi yang diamankan tadi. Dari hasil pemeriksaan kamar napi, petugas hanya menemukan lembaran kertas minyak yang diduga sisa pembungkus ganja. Selanjutnya, ketiga napi tersebut diboyong ke Mapolsek Pancur Batu untuk pemeriksaan lebih lanjut berikut mengamankan barang bukti.

Kapolsek Pancur Batu Kompol Darwin Sitepu saat dikonfirmasi mengatakan, ketiga napi tersebut diamankan setelah sebelumnya pihak Cabrutan Pancur Batu menemukan ganja sebanyak 418 amplop.

"Kita belum bisa pastikan apakah ketiga napi itu terlibat terkait penemuan ganja tersebut, dan hingga saat ini kita masih memeriksa ketiganya. Jika nanti dari hasil pemeriksaan, mereka memang terlibat maka statusnya dijadikan tersangka dan akan diproses setelah masa hukuman mereka selesai atau istilahnya bebas tampung (bestam)," ujar Sitepu. (BS-028)

Tag: