Rabu, 19 Februari 2020
  • Home
  • Ekonomi
  • Triwulan I, Pelindo Salurkan Dana Kemitraan dan Bina Lingkungan Rp 1,14 Miliar

Triwulan I, Pelindo Salurkan Dana Kemitraan dan Bina Lingkungan Rp 1,14 Miliar

Minggu, 01 Mei 2016 22:45:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Selama periode Januari-Maret 2016, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 telah menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (KBL)  sebesar Rp 1,14 miliar. Penyaluran dana Program KBL ini mencakup 4 (empat) wilayah kerja Pelindo 1 yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepualauan Riau.
 
Program KBL ini terbagi atas dua program, yaitu program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan. Program Kemitraan merupakan program dalam bentuk pemberian kredit pada usaha menengah dan kecil/mikro dari berbagai sektor usaha, seperti sektor usaha industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa dan usaha lainnya.  Dana program Kemitraan yang sudah disalurkan selama triwulan I tahun 2016 adalah sebesar  Rp 195 juta.
 
Sedangkan Program Bina Lingkungan merupakan program yang ditujukan untuk kegiatan-kegiatan yang terkait dengan korban bencana alam, pendidikan atau pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan prasarana dan sarana umum, bantuan sarana ibadah, dan bantuan pelestarian alam. Selama triwulan I tahun 2016, Pelindo 1 telah menyalurkan dana program bina lingkungan sebesar Rp 950 juta.
 
Pelindo 1 sebagai  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempunyai kewajiban tidak hanya untuk memajukan bisnis sebagai jasa infrastruktur agar terus berkembang, tetapi juga memiliki  tangung jawab sosial kepada masyarakat, yaitu melalui pelaksanaan Program PKBL. Pelaksanaan Program ini sesuai dengan Keputusan Menteri BUMN No.KEP-236/MBU/2003 tanggal 17 Juni  2003 dan Peraturan Menteri BUMN No.Per.05/MBU/2007 tanggal 27 April 2007 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

"Berbagai program KBL  yang sudah dilaksanakan Pelindo 1 selama Triwulan 1, diantaranya adalah pemberian bantuan rehabilitasi Mushola Al Huda Dumai, bantuan pembangunan Gereja Katolik St. Fransiskus Asisi, bantuan pembangunan Masjid Agung Medan, pembangunan Masjid di Perawang, Riau, bantuan pembuatan taman di Belawan, bantuan pembangunan Gedung dan Sarana Sekolah Yayasan Pendidikan Islam Terpadu," ujar ACS Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami, dalam siaran persnya yang diterima beritasumut.com, Minggu (01/05/2016).

Dikatakannya, Pelindo 1 terus berkomitmen untuk turut memajukan perkembangan masyarakat khususnya di wilayah kerjanya. "Kami ingin maju bersama masyarakat, membangun masyarakat, tumbuh bersama dan salah satu programnya yaitu melaui Program KBL," tutup Fiona.(BS01)
T#g:BUMDBUMNcsrPKBLPertamina
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Menteri ESDM Minta Transisi Blok Rokan Ke Pertamina Diselesaikan Tahun Depan

    Beritasumut.com-Kementerian ESDM) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mendesak dilakukannya percepatan proses transisi al

  • 2 bulan lalu

    Rapat Koordinasi TLHP, Wagubsu: Seluruh Program Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

    Beritasumut.com-Keberhasilan program pemerintah tidak hanya diukur dari serapan anggaran, tetapi juga dinilai dari manfaatnya terhadap masyarakat.

  • 2 bulan lalu

    Pemerintah Upayakan Revitalisasi BUMDES Yang Tidak Produktif

    Beritasumut.com-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar mengemukakan, pemerintah akan merevitalisa

  • 3 bulan lalu

    Pemkab Deli Serdang Gelar Sosialisasi BUMD dan BUMDes

    Beritasumut.com-Pemkab Deli Serdang menggelar sosialisasi BUMD dan BUMDes sebagai penggerak roda ekonomi daerah bertema "Membangun dari Desa m

  • 3 bulan lalu

    Panglima TNI Terima Dirut PT Pertamina

    Beritasumut.com-Panglima TNI Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto SIP, didampingi Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto dan Aster Panglima

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.