Ekonomi

Terkait Pembagian Kartu Nelayan, Pemerintah Kabupaten dan Kota Harus Proaktif


Terkait Pembagian Kartu Nelayan, Pemerintah Kabupaten dan Kota Harus Proaktif
Beritasumut.com/Ist
Nelayan

Beritasumut.com-Ketua Komisi B DPRD Sumut Sopar Siburian mengatakan bahwa prosedur pengurusan kartu nelayan yang diterapkan dengan mensyaratkan nelayan untuk mengurusnya ke dinas setempat (kabupaten/kota) belum cukup baik. "Kalau bisa nelayan jangan disuruh proaktif, karena mereka kan bekerja mencari ikan. Jadi untuk mengurus kartu nelayan ke dinas, agak sulit," ujar Sopar.

Menurutnya, tindakan proaktif seharusnya dilakukan pemerintah kabupaten/kota. Di mana sudah saatnya negara hadir melayani masyarakatnya. Salah satunya dengan membentuk tim yang ditunjuk untuk ditempatkan di kantor terdekat seperti kecamatan atau desa/kelurahan. "Apa salahnya kabupaten/kota membuat tim. Jangan lagi pakai paradigma lama. Pemprov dan pemkab/pemko jemput bola untuk melayani," katanya.

Pun begitu, politisi Demokrat ini menilai upaya sosialisasi tetap diperlukan. Karena untuk mempersiapkan dokumen administrasi pengurusan kartu nelayan, perlu pemberitahuan kepada nelayan.

"Sosialisasi itu tetap perlu untuk persiapan dokumen. Kita harapkan bisa lebih dekat seperti membuka kounter di kecamatan dan desa/kelurahan. Bukan berarti petugas datang ke rumah-rumah," katanya yang menganggap hal tersebut bisa dilakukan dengan koordinasi yang baik.(BS03)


Tag: