Senin, 23 September 2019

Eldin Tinjau Gudang Penyimpanan Bahan Kebutuhan Pokok Pasar Murah

Sembako Pasar Murah Layak Konsumsi

Sabtu, 29 Juni 2013 21:50:00
BAGIKAN:
Ist

Medan, (beritasumut.com) – Pelaksana Tugas Walikota Medan Dzulmi Eldin meninjau gudang  penyimpanan barang kebutuhan pokok di Gelangang Remaja, Jalan Sutomo, Medan, Sabtu (29/6/2013). Peninjauan dilakukan untuk melihat sejauh mana  persiapan yang dilakukan menyusul akan dibukanya 151 titik pasar murah di Kota Medan, Senin (1/7/2013). Selain melihat kesiapan personil yang ada di gudang, Eldin juga ingin memastikan stok sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) yang akan didistribusikan seluruh pasar murah dalam kondisi baik dan layak konsumsi.

Saat melakukan peninjauan, Eldin didampingi Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Medan Syahrizal Arif, Kabag Humas Budi Hariono dan Camat Medan Timur P Pasaribu. Dengan seksama dan teliti, Eldin mengecek satu persatu sembako, mulai dari minyak goreng, beras, tepung, mentega, gula pasir, sirup,  kacang tanah dan telur. Hal ini dilakukan Eldin untuk memastikan seluruh bahan kebutuhan pokok yang dijaul di pasar murah dalam kondisi baik dan layak konsumsi.

“Saya yakinkan seluruh bahan kebutuhan pokok yang akan dijual di 151 pasar murah nanti  dalam kondisi baik dan layak konsumsi. Saya pastikan tidak ada satu pun bahan kebutuhan pokok yang rusak saat dijual kepada masyarakat,” kata Eldin.

Untuk itulah seluruh bahan kebutuhan pokok setibanya di gudang penyimpanan barang ini, kata Eldin, langsung dicek dan diperiksa. Begitu diperiksa ada kerusakan dan tidak layak konsumsi langsung dikembalikan kepada distribustor. Karenanya seluruh stok bahan kebutuhan pokok yang ada di gudang penyimpanan ini dalam kondisi baik.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, Eldin mengaku stok minyak goreng yang paling banyak, diperkirakan bisa sampai sebulan untuk mensuplai sleuruh pasar murah. Hal itu senagaja dilakukan untuk menghindari terjadinya fluktuasi harga. Sedangkan stok bahan kebutuhan pokok lainnya ada yang cukup mensuplai sampai tiga hari maupun lebih. “Sebelum persediaan di gudang ini habis, pasokan bahan kebutuhan pokok datang lagi,” ungkapnya.

Eldin menjelaskan pembukaan pasar murah akan dilakukan serempak. Namun acara pembukaannya dipusatkan di Lapangan Gajah Mada, Jalan Krakatau, Medan. Atas dasar itulah dia ingin memastikan bahan kebutuhan pokok yang ada di gudang penyimpanan tersedia dan siap didistribusikan ke sleuruh pasdar murah. “Ternyata seluruh kecamatan telah mengambil bahan kebutuhan pokok untuk pasar murah di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Menujrut Eldin, pasar murah ini merupakan program rutin Pemko Medan untuk membantu warga kurang mampu dalam menghadapi hari besar keagamaan. Untuk umat Muslim digelar menjelang Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri tiba. Sedangkan untuk umat Kristiani, digelar pada saat menyambut Natal sampai jelang Tahun Baru.

Untuk pasar murah yang digelar dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri  tahun ini, kata Eldin, pelaksanaannya senagaja dipercepat. Hal ini untuk membantu masyarakat untuk menyikapi kemungkinan harga bahan kebutuhan pokok  naik menyusul pemerintah menaikkan harga BBM beberapa waktu lalu.

“Semoga dengan pasar murah yang kita gelar ini, masyarakat terutama yang kurang mampu dapat terbantu. Sebab, harga barang di pasar murah kita subsidi sehinggajauh lebih murah dari harga di pasaran,” paparnya.

Kadisperindag Kota Medan Syahrizal Arif optimis bahan kebutuhan pokok yang telah dipersiapkan cukup untuk didistribusikan ke seluruh pasar murah. Terutama, minyak goreng dipastikannya stok yang tersedia sampai dengan Lebaran. “Saat ini stok minyak goreng kita ada 3.000 kotak. 1 kotak berisi berisi 24 liter,” jelas Syahrizal.

Begitu juga dengan stok bahan kebutuhan pokok lainnya, Syahrizal memastikan aman. Sebab, mereka telah mempersiapkan stok untuk dua sampai tiga hari ke depan. Artinya, bahan kebutuhan pokok belum sampai habis, stoknya langsung ditambah sehingga tidak sampai kekurangan selama pasar murah berlangsung.

Usai meninjau gudang penyimpanan bahan kebutuhan pokok, Eldin selanjutnya mengecek persiapan lokasi pembukaan pasar murah di Lapangan Gajah Mada, Jalan Krakatau. Dalam peninjauan yang dilakukan, Eldin melihat petugas tengah mempersiapkan tenda-tenda dan meratakan tanah yang berlubang dengan menggunakan traktor kecil. Selanjutnya Eldin memberikan sejumlah arahan yang harus dilakukan agar lokasi pembukaan pasar murah ini menjadi tempat yang benar-benar menarik. (BS-024)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Pemko Sibolga Launching Pasar Murah di Depan Masjid Agung Sibolga

    Beritasumut.com-Pasar murah jelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H Tahun 2016 Kota Sibolga yang dilaksanakan Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Perinda

  • 3 tahun lalu

    Mulai 13 Juni Mendatang, Pemko Sibolga Adakan Pasar Murah

    Beritasumut.com-Menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Perindagkop & UKM mengagendakan p

  • 4 tahun lalu

    Sambut Natal & Tahun Baru, Pemko Medan Gelar Pasar Murah

    Beritasumut.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Medan Randiman Tarigan membuka pasar murah menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2016 di Lapangan Kemenyan Ray

  • 4 tahun lalu

    Sambut Natal dan Tahun Baru, Pemko Medan Gelar Pasar Murah

    Beritasumut.com - Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2016, Pemerintah Kota Medan menggelar pasar murah sebanyak 50 titik di 21 kecamatan se K

  • 4 tahun lalu

    200 Karateka Siap Bertarung Perebutkan Piala Dzulmi Eldin

    Beritasumut.com - Sebanyak 200 atlet karate siap bertanding pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Kei Shin Kan Karate-Do Indonesia Provinsi Sumatera Utara (

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.