Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Ramadhan Pohan: Pemberdayaan Lembaga Sosial Keluarga, Solusi Tepat Memutus Mata Rantai Kemiskinan

Ramadhan Pohan: Pemberdayaan Lembaga Sosial Keluarga, Solusi Tepat Memutus Mata Rantai Kemiskinan

Kamis, 22 Oktober 2015 16:04:00
BAGIKAN:
Istimewa
Ramadhan Pohan dikalungi bunga saat pulang ke Pasbel.
Beritasumut.com - Dalam memutus mata rantai kemiskinan, khususnya di Kota Medan, solusi yang tepat adalah melakukan upaya-upaya pemberdayaan lembaga sosial keluarga. Karena hal itu cukup efektif dalam mengangkat perekonomian rakyat kecil dalam mengatasi kemiskinan.

Hal itu dikatakan Calon Wali Kota Medan Ramadhan Pohan kepada wartawan seusai bersilaturahmi ke kantor Lembaga Pemberdayaan Sosial Keluarga Bunga Teratai Sumut, Jalan Serdang Gang Titi Batu, Medan, Selasa (20/10/2015).

Menurutnya, program yang diterapkan Lembaga Bunga Teratai perlu diterapkan oleh banyak kalangan pengusaha untuk membantu rakyat yang ekonominya lemah.

"Ini bukan untuk bahan konsumtif semata, melainkan sebagai modal warga yang tidak memiliki modal untuk berusaha dan berkarya dalam memutus mata rantai kemiskinan," ucapnya didampingi Ketua Umum Lembaga Pemberdayaan Sosial Keluarga Bunga Erliyanto Harahap.

Belajar dari Kabupaten Banyuwangi, Ramadhan menceritakan bahwa Pemkab Banyuwangi dinilai telah berhasil dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan melibatkan kaum ibu sebagai tenaga kerja yang produktif, Kabupaten Banyuwangi akhirnya menjadi salah satu kabupaten terbaik dalam mengembangkan UMKM.

"Saya pernah belajar dari Kabupaten Banyuwangi yang menjadi salah satu kabupaten terbaik dalam mengembangkan Usaha Menengah Kegiatan Masyarakat. Tidak lama saya belajar kebetulan bupatinya teman lama saya di DPR. Di sana, ibu-ibu yang menjadi tenaga produktif. Itu yang kita harapkan nantinya," terangnya.

Untuk itu, kedepannya, ia akan mencari solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan perekonomian khususnya dalam pemberian modal kepada masyarakat dalam mengembangkan UMKM.

"Kita tidak lihat kebelakang, kita lihat ke depan. Apa yang bisa kita lakukan, akan kita lakukan. Yang penting adalah solusi terbaik untuk masalah perekonomian, masalah kekurangan modal dari rakyat. Karena kalau tidak diberikan modal, siapa yang memberikan modal mereka. Bagaimana rantai kemiskinan mereka untuk bisa diputus," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ramadhan juga sempat bertemu kangen dengan masyarakat yang hadir dalam kegiatan Peluncuran Bantuan Modal Usaha di Lembaga Pemberdayaan Sosial Keluarga Bunga Teratai Sumut Periode XXV. Diketahui, Ramadhan yang menghabiskan masa kecilnya di Jalan M Yakub, persis disamping Gang Titi Batu langsung memeluk teman kecilnya ketika terlihat di lorong itu. Lalu ia menyapa teman-teman kecilnya itu dengan penuh keakraban.

"Saya bermain bola waktu kecil dengan mereka-mereka ini. Semuanya ini teman-teman saya waktu kecil," ucapnya. (BS-001)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Ramadhan Pohan Bakal Kembali Diperiksa Poldasu

    Beritasumut.com-Ramadhan Pohan (RP) sudah diperiksa Polda Sumut (Poldasu) terkait dugaan penipuan dan penggelapan sebesar Rp15,3 miliar. Namun, mantan

  • 3 tahun lalu

    Tersangka Bersama Ramadhan Pohan, Savita Juga Tidak Ditahan

    Beritasumut.com-Penyidik Subdit II/Harta Benda, Bangunan dan Tanah (Hardabangtah) Polda Sumut juga tidak akan melakukan penahanan kepada Savita Linda

  • 3 tahun lalu

    Savita Bantah Sebagai Perantara Kasus Penipuan Ramadhan Pohan

    Beritasumut.com-Savita Linda Hora Boru Panjaitan membantah sebagai perantara Laurenz Sianipar bersama ibunya RH Boru Simanjuntak dengan Ramadhan Pohan

  • 3 tahun lalu

    Terkait Laporan Ramadhan Pohan, Penyidik Lakukan Pemeriksaan Terhadap Savita

    Beritasumut.com-Penyidik Subdit II/Harda-Bangtah Direktorat Reskrimum memeriksa Savita Linda Hora Boru Panjaitan terkait laporan mantan calon Wali Kot

  • 3 tahun lalu

    Ditetapkan Tersangka, Kuasa Hukum Nilai Justru Ramadhan Pohan Jadi Korban

    Beritasumut.com-Kuasa hukum Ramadhan Pohan (RP), Sahlan Rifai Dalimunthe menuturkan, atas penetapan kliennya sebagai tersangka, pihaknya juga melapork

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.