Ekonomi

Ramadhan Kaki Lima Fair Digelar di Medan


Ramadhan Kaki Lima Fair Digelar di Medan
Ist

Medan, (beritasumut.com) – Asosiasi Pedagang Kaki Lima (Apkli) Kota Medan akan menggelar Ramadhan Kaki Lima Fair di Lapangan Pertiwi, Jalan Bilal, Kecamatan Medan Barat. Ramadhan Kaki Lima Fair ini merupakan yang kedua kalinya digelar dan kegiatan ini meruapakan program kerja strategis Apkli.

Hal ini diampaikan Pengurus Apkli Kota Medan ketika diterima Sekda Kota Medan Syaiful Bahri Lubis di Balaikota Medan, Selasa (25/6/2013).

Saat menerima Pengurus DPRD Apkli Medan, Sekda Syaiful Bahri didampingi Asisten Pemerintahan Musadad, Kepala Dinas Koperasi UMKM Tunggar Harahap, Kepala Disperindag Syahrizal Arief, Kasatpol PP M Sofyan. Sementara dari DPD Apkli Kota Medan hadir Ketua Aulia Rahman, Wakil Ketua Syamsul Bahri Manday, Sekretaris Andika Pane dan Bendahara Dewi Wulandari.

Ketua DPD Apkli Medan Aulia Rahman mengatakan, Ramadhan Kaki Lima Fair ini nantinya akan diikuti sebanyak 70 pedagang kaki lima di M. K kegiatan ini adalah salah satu program strategis Apkli yakni pembinaan para pedagang kaki lima. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya. Tahun lalu kegiatan serupa juga digelar di tempat yang sama.

Dikatakannya, untuk terwujudnya kegiatan Ramadhan Kaki Lima Fair ini pihak Apkli perlu dukungan dari Pemerintah Kota Medan khsusunya mengenai izin penggunaan Lapangan Pertiwi. Apkli adalah wadah para pedagagng kaki lima mitra kerja Pemerintah Kota Medan melakukan pembinaan dan pemberdayaan para pedagang kaki lima yang memiliki hirarki organisasi sampai ke pusat.

“Kita sudah masukkan surat permohonan izin kepada Pemko Medan, dan audensi ini selain silaturahmi juga memaparkan program kerja strategis Apkli untuk bermita dengan Pemko Medan dalam hal pembinaan para pedagang kaki lima di Medan,” ujar Aulia Rahman.

Sekda Medan Syaiful Bahri dalam arahannya mendukung dan mensuport kegiatan Ramadhan Kaki Lima Fair yang digelar Apkli. Dia juga meminta agar kegiatan ini harus lebih baik lagi dari tahun lalu. Selain itu Apkli harus menjadi relawan odalam melakukan pembinaan kepada pedagang kaki lima, karena kerja ini adalah berat, harus memiliki kesabaran dan ketabahan.

APKLI harus strong dan mampu menunjukkan kepada orang-orang bahwa Apkli dapat dipercaya, sehingga nantinya dalam rangka pembinaan pedagang Apkli dapat menunjukkan tanggung jawabnya, sehingga nantinya dalam hal kredit perbankan dapat berjalan lancar.

Selain itu Apkli diminta mampu menunjukkan kerjasama dan kemitraan dengan Pemko Medan dalam penataan pedagang kaki lima di Medan sehingga tertata dan tida semrawut. Beram jalan bisa saja digunakan, tetapi pada saat tertentu tidak 24 jam. Banyak tempat yang perlu ditata agar rapi tidak semrawut. Kemudian kebersihan juga harus dijaga. (BS-024)

Tag: