Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Pemko Medan Gelar Pasar Murah di 151 Titik

Pemko Medan Gelar Pasar Murah di 151 Titik

Senin, 01 Juli 2013 22:44:00
BAGIKAN:
Ist

Medan, (beritasumut.com) Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Syarief Gunawan dan Plt Walikota Medan T Dzulmi Eldin S didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Syahrizal Arif, membuka Pasar Murah Pemerintah Kota Medan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1434 H sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun ke 423 Kota Medan dan HUT ke 67 Bhayangkara Tahun 2013 di Lapangan Gajah Mada, Jalan Karakatau, Medan, Senin (1/7/2013).           

Saat pembukaan, harga beras diturunkan dari Rp7.520 menjadi Rp.6.720 per kilogram, gula dari Rp12.225 menjadi Rp11.325 per kg, telur Rp1.030 menjadi Rp880 per butir, tepung terigu Rp7.220 menjadi Rp6.470 per kg, minyak goreng Rp9.600 menjadi Rp8.100 per kg, kacang tanah Rp19.850 menjadi Rp 19.100 per kg.

Kapolda dalam sambutannya mengatakan, sehubungan dengan kenaikan harga BBM dan menjelang bulan suci Ramadhan, biasanya akan mengalami kenaikan berbagai harga barang. Untuk mengantispasi hal tersebut, Pemerintah kota Medan melakukan pasar murah dengan maksud membantu masyarakat Medan. Kapolda meminta, kalau bisa pasar murah jangan hanya dilakukan menjelang hari-hari besar, tapi setiap hari.

Sementara Plt Walikota Medan menyebutkan, pelaksanaan pasar murah kali ini berbeda dengan biasanya, karena tahun ini bertepatan dengan Hari Jadi ke 423 Kota Medan dan Hari Jadi ke 67 Bhayangkara. Pelaksanaan pasar murah bertujuan mengantisipasi kenaikan harga-harga kebutuhan pokok, sebab kenaikan harga pokok cenderung berdampak pada inflasi. Inflasi yang kurang dikendalikan tentu bisa menurunkan daya beli masyarakat.

Pelaksanaan pasar murah merupakan perwujudan komitmen dan kepedulian bersama, sekaligus bentuk solidaritas sosial dari kita semua, yang ditugaskan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu, ucapnya.

Plt Walikota juga menginstruksikan camat dan lurah agar mensosialisasikan kegiatan pasar murah kepada masyarakat. Selain itu camat dan lurah tetap turut mengawasi pelaksanaan pasar murah sehingga penyelenggaraannya benar-benar tepat sasaran.

Selanjutnya Kapolda dan Plt Walikota Medan menyerahkan secara simbolis 5 unit mesin jahit kepada lima kelurahan yakni Kelurahan Bagan Deli, Labuhan Deli, Payapasir, Tegalsari Mandala III dan Simalingkar B.

Dinas Perindag Kota Medan memberikan bantuan 10 unit mesin jahit kepada 5 kelurahan masing-masing tiap-tiap kelurahan mendapat 10 unit. Bantuan ini sebagai hadiah kepada kelurahan pemenang kegiatan fasilitas bagi industri kecil dan menengah terhadap pemanfaatan sumber daya kelurahan PTP2WKSS dan kelurahan hasil musrembang kecamatan.

Plt Walikota Medan juga memberikan pakaian adat Melayu Deli kepada Kapolda Irjen Syarief Gunawan dan istri. Pemakaian pakaian adat dilakukan oleh Plt Walikota Medan bersama Pemangku Kesultanan Deli Tengku Hamdi Osman Deli Khan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Medan Amiruddin mengaku sangat mendukung program yang dilaksanakan Pemerintah Kota Medan terutama penyelenggaraan pasar murah ini, karena kegiatan ini sangat berdampak positif kepada masyarakat, terutama masyarakat yang menyambut bulan suci Ramadhan.

Sedangkan Kepala Dinas Perindag Kota Medan Syahrizal Arif melaporkan, kegiatan pasar murah ini merupakan agenda rutin Pemko Medan. Pasar murah Tahun 2013 ini adalah yang kesepuluh kalinya.

Pasar murah dilaksanakan selama 30 hari lebih, 1 Juli sampai 4 Agustus 2013 di 151 titik tersebar di 21 kecamatan. Tujuan pelaksanaan pasar murah untuk mengantisipasi kecenderungan meningkatnya harga-harga bahan pokok guna membantu masyarakat terutama yang kurang mampu. (BS-024)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    IMM Desak Kapolda Sumut Mundur

    Beritasumut.com-Ketua Umum PC IMM Tapsel Sidimpuan, Zulham Hidayah Pardede menyatakan kekecewaanya terhadap kinerja Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (

  • 3 tahun lalu

    Konflik di Hermes, Pemko Medan Perlu diajak Bicara

    Beritasumut.com-Tim Pembela Masjid Taqwa Polonia Aliansi Ummat Islam memandang persoalan keributan yang terjadi beberapa hari yang lalu adalah ekses p

  • 3 tahun lalu

    Granat Kota Medan Dukung Pemko dan DPRD Tambah Anggaran Kepolisian

    Beritasumut.com-Granat Kota Medan mendukung Pemko Medan dan DPRD Medan menambah anggaran Kepolisian khususnya dalam rangka pemberantasan narkoba. Hal

  • 3 tahun lalu

    Terkait Kaburnya Tahanan di Polda Sumut, Tim Khusus Buru 8 Tahanan Lagi

    Beritasumut.com-Hingga saat ini tim khusus yang dibentuk Polda Sumut dari beberapa satuan kerja (satker) baru bisa menangkap kembali tiga tahanan kasu

  • 3 tahun lalu

    Komisi III DPR RI Minta Kapolri Evaluasi Kapolda Sumut

    Beritasumut.com-Komisi III DPR RI dalam waktu dekat ini akan memanggil Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, guna mempertanyakan kinerja Kapolda Sumut

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.