Ekonomi

Pembagian Kartu Nelayan Pemerintah Kabupaten dan Kota Diminta Jemput Bola


Pembagian Kartu Nelayan Pemerintah Kabupaten dan Kota Diminta Jemput Bola
Beritasumut.com/Ist
Kartu Nelayan

Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) meminta Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten/Kota melakukan 'jemput bola' terkait pembagian kartu nelayan. Selain sosialisasi, juga diharapkan pelayanan hingga tingkat desa/kelurahan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut Zonny Waldi mengatakan pihaknya telah menyampaikan himbauan kepada bupati/walikota yang memiliki dinas serupa untuk mengambil langkah 'menjemput bola' dalam hal pembagian tersebut. Meskipun secara kuantitas, jumlahnya
sudah bertambah di sejumlah daerah.

"Kita menunggu laporan dari kaupaten/kota untuk jumlahnya berapa yang sudah terdistribusi. Tetapi dari 36 ribu yang lalu, sudah bertambah signifikan," ujar Zonny kepada wartawan,Senin (20/06/2016).

Menurutnya, sosialisasi kartu nelayan di kabupaten/kota terus berjalan di dinas terkait. Di mana dari 14 daerah yang memiliki wilayah laut di Sumut, seperti Langkat, Medan dan Batu Bara, disebutkannya masing-masing sudah mencapai angka 4-5 ribu kartu yang sudah dibagikan.

Zonny mengaku kendala yang terjadi adalah karena walaupun telah di berikan sosialisasi, namun nelayan tetap harus mendaftarkan diri ke Dinas Perikanan dan Kelautan daerah masing-masing. Sementara masih banyak nelayan yang belum paham tentang jalur birokrasi di kantor pemerintahan."Maka kita menghimbau, supaya pemerintah kabupaten/kota proaktif," sebutnya.

Selain itu, lanjut Zonny, pihaknya terus berkoordinasi dengan dinas terkait di kabupaten/kota untuk memberdayakan koperasi yang ada. Sebab melalui organisasi tersebut, bisa lebih membantu nelayan dalam mengurus kartu nelayan di dinas setempat.

Zonny juga mengatakan banyak manfaat dari kartu nelayan, diantaranya seperti kesempatan untuk memperoleh asuransi, kesempatan mendapatkan pelayanan publik lebih mudah, termasuk mendapatkan bahan bakar bersubsidi.(BS03)

 


Tag: