Selasa, 15 Oktober 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Pedagang Tradisional Tulang Punggung Perekonomian

Pedagang Tradisional Tulang Punggung Perekonomian

Rabu, 00 0000 00:00:00
BAGIKAN:

Medan, (beritasumut.com)

Pedagang tradisional adalah tulang punggung perekonomian daerah, yang perlu mendapat perhatian dan perlindungan dari pemerintah di tengah derasnya arus investasi yang melibatkan modal berskala besar.

“Pemerintah harus punya keberpihakan kepada mereka, karena sektor ini melibatkan begitu banyak orang, dan berpengaruh langsung pula kepada kehidupan masyarakat luas,” ujar Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Rustam Effendy Nainggolan saat berkunjung ke Pusat Pasar, Medan, Senin (19/11/2012).

RE yang didampingi Tim Sahabat juga sempat bertemu dengan Direktur PD Pasar Medan Benny Sihotang dan Ketua DPW Persatuan Pedagang Pasar-pasar Sumatera Utara (P4SU) A Kendeng Simanjuntak.

RE Nainggolan yang telah resmi menjadi Cawagub Sumut dari Partai Demokrat mendampingi Amri Tambunan itu, disambut antusias para pedagang yang mengenalnya.

Dalam kesempatan itu, RE juga menyempatkan diri berdialog untuk mengetahui persoalan yang dihadapi oleh para pedagang. “Dari dulu memang masalah kami itu modal, Pak. Makanya banyak pedagang yang terjerat kepada rentenir,” kata Hutasoit yang berjualan ikan asin.

Mantan Sekdaprov Sumut yang juga pendiri Pusat Studi Ekonomi Rakyat (Pusera) itu menegaskan bahwa pemerintah harus bekerja sama dengan pihak perbankan untuk mengatasi kekurangan modal itu, dengan sistem pinjaman mikro berbunga rendah, bahkan bila penting tanpa bunga, sebagai stimulus berkembangnya perekonomian.

Kepada para pedagang, RE juga mengungkapkan bahwa ibunya juga seorang pedagang pasar keliling dari satu pekan ke pekan lain. “Ibu saya seorang parrengge-rengge, jadi saya mengerti betul bahwa pedagang tradisional adalah manusia pekerja keras yang tak kenal lelah untuk menghidupi keluarga. Apa yang bapak dan ibu lakukan adalah pekerjaan mulia, dan cermin kesungguhan hati untuk menghidupi keluarga,” ujarnya. (BS-002)

T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.