Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Kerjasama APEC Mampu Jaga Stabilitas Ekonomi

Kerjasama APEC Mampu Jaga Stabilitas Ekonomi

Rabu, 03 Juli 2013 23:58:00
BAGIKAN:
Ist

Medan, (beritasumut.com) – Pemko Medan menyadari pentingnya untuk terus mengembangkan dan memperkuat visi serta kerjasama ekonomi negara-negara kawasan Asia Pasifik (APEC). Melalui kerjasama yang saling menguntungkan, bisa mengantisipasi potensi krisis seperti yang diakibatkan krisis pangan dunia, berkurangnya suplai energi maupun kondisi ekonomi global yang kurang menguntungkan. Diyakini kerjasama APEC mampu menjaga stabilitas ekonomi di kawasan Asia Pasific secara berkelanjutan.

Itu sebabnya Pelaksana Tugas Walikota Medan Dzulmi Eldin merasa penunjukanKota Medan sebagai  salah satu tempat pertemuan Senior Official Meeting (SOM) 3 Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 merupakan suatu penghormatan besar. Penunjukan ini sekaligus dipandang sebagai peluang untuk memperkenalkan Kota Medan secara internasional, khususnya sebagai kota tujuan wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition).

“Di samping itu, pertemuan ini tentunya memiliki makna positif dan strategi karena menjadi salah satu wahana promosi potensi ekonomi dan investasi Kota Medan kepada negara-negara sahabat,”  kata Eldin dalam acara jamuan makan malam bersama delegasi SOM III APEC di Lapangan Benteng, Medan, Selasa (2/7/2013) malam.

Untuk itulah Eldin dihadapan para delegasi yang berasal dari sejumlah negara di Asia Pasifik seperti Australia, Brunei Darusalam, Thailand, Philipina, Singapura, Malaysia, Papua Nugini, Kanada, Cina, Cina Taipei, Rusia, Kroasia, Swiss, Hongkong, Jepang, Korea, Chile, Meksiko dan Amerika Serikat, berharap agar pertemuan ini dapat menghasilkan alternatif kebijakan dan program yang mendukung perekonomian di kawasan Asia Pacific dan kota-kota secara regional.

“Saya juga berharap, even ini dapat mempromosikan potensi ekopnomi dan pariwisata Kota Medan, khususnya pengembangan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Di samping itu untuk membuktikan bahwa Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara umumnya kondusif. Semoga seluruh delegasi dapat mempromosikan potensi Kota Medan di negaranya masing-masing,” harapnya.

Eldin mengaku seluruh warga Kota Medan akan gembira lagi apabila seluruh delegasi datang kembali dengan rombongan yang lebih besar, baik untuk tujuan wisata maupun investasi. “Medan kota multikultural dengan kekayaan budaya yang luar biasa. Dahulu dikenal dengan Paris Van Sumatera, kota yang terus membangun untuk kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Sementara itu Ketua SOM 3 APEC  Duta besar Yuri Thamrin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemko Medan atas jamuan makan malam tersebut. Seluruh delegasi telah mencicipi aneka makanan dan minuman yang telah disediakan. Di samping itu sambutan yang diberikan pun cukup meriah dan luar biasa. Tidak tertutup kemungkinan Medan akan kembali terpilih menjadi tempat pertemuan APEC selanjutnya.

Sebelum jamuan makan malam digelar, Eldin didampingi Sekda Kota Medan Syaiful Bahri Lubis bersama sejumlah Pimpinan SKPD Pemko Medan menyambut kedatangan seluruh delegasi.  Begitu rombongan delegasi tiba,  Eldin pun menmyambutnya satu persatu dengan penuh keakraban dan  sikap familiar. Setelah itu masing-masing delegasi dipakaikan selempang bermotif kain adat seluruh etnis yang ada di Kota Medan.

Seluruh delegasi selanjutnya disambut dengan tarian multi etnis yang menggambarkan Kota Medan dihuni warga beraneka suku dan budaya namun hidup dalam bingkai keharmonisan. Dilanjutkan dengan pemutaran film tentang profil Kota Medan dan makan malam bersama. Sebelum acara selesai, Eldin dan Syaiful mengulosi satu persatu perwakilan delegasi dan diakhiri dengan manortor bersama. (BS-024)
T#g:APEC
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    Presiden Jokowi Bahas Perdagangan Hingga Ekonomi Digital dengan Presiden Xi Jinping

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dalam pertemuan bilateral yang dige

  • 10 bulan lalu

    Presiden Jokowi: Pengurangan Ketimpangan Adalah Prioritas

    Beritasumut.com-Di era globalisasi ini sangatlah penting menekan ketimpangan. Jika ketimpangan ini tidak diatasi dengan baik, maka dikhawatirkan da

  • 10 bulan lalu

    Didampingi Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi Tiba di Papua Nugini untuk Hadiri KTT APEC

    Beritasumut.com-Udara cerah di Bandar Udara Internasional Jackson, Port Moresby, Papua Nugini menyambut kedatangan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1

  • 10 bulan lalu

    Lanjutkan Kunjungan Kerja, Presiden Jokowi Bertolak ke Papua Nugini Hadiri KTT APEC

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Port Moresby, Papua Nugini untuk menghadiri Pertemuan P

  • 11 bulan lalu

    TNI Bantu Papua New Guinea Defence Force Dalam Menyukseskan Pelaksanaan APEC

    Beritasumut.com-Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP, yang diwakili oleh Direktur D Bais TNI Marsma TNI Suryo Margono SE, menyerahkan hibah

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.