Rabu, 13 November 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • KEK Sei Mangkei Siap Sambut Investor Malaysia

KEK Sei Mangkei Siap Sambut Investor Malaysia

Minggu, 01 September 2013 20:43:00
BAGIKAN:
Ist

Medan, (beritasumut.com) – Investor Malaysia saat ini sedang menjajagi peluang kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Salah satu daerah yang dinilai memiliki optensi di Sumut adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun.
 
Hal ini disebutkan Konsulat Jenderal (Konjen) Malaysia di Medan, Rozian Abdul Ghani dalam acara Halal Bil Halal di Konjen Malaysia, Jalan Diponegoro, Medan, Ahad (1/9/2013). Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan isteri Evi Diana Nuradi serta sejumlah undangan lainnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Rozian mengatakan, keberadaan Kualanamu International Airport membuka akses kepada investor Malaysia memberikan dampak signifan terhadap akses masuknya investor Malaysia ke Indonesia, khususnya ke Sumut.
 
“Bandara Kualanamu sebagai pintu bagi investor Malaysia untuk melihat potensi kerjasama dengan Sumatera Utara. Salah satunya investor Malaysia menunggu perkembangan kawasan industri di Sei Mangkei,” ujar Rozian.
 
Lebih rinci Rozian mengatakan, salah satu bidang usaha yang memungkinkan dikembangkan di KEK Sei Mangkei adalah bidang perkebunan, termasuk industri hilir pengolahan kelapa sawit. Luas areal KEK Sei Mangkei mencapai 2002 hentar diyakini mampu menjadi kawasan industri strategis sesuai program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indenesia (MP3EI).
 
Saat ini sejumlah pabrik sedang dalam pembangunan di kawasan KEK Sei Mangkei seperti pembangunan pabrik , pabrik pupuk NPK fertilizer, pabrik energi bioma, pabrik oleochemical plant, pabrik fatty acid, pabrik fatty alcohol dan pabrik refinery.

KEK Sei Mangkei dirancang untuk mengakomodir 200 unit industri berkelas dunia. KEK Sei Mangkei adalah satu-satunya KEK yang memiliki akses ke Selat Malaka yang juga akan terintegrasi dengan kawasan Kuala Tanjung dan terkoneksi langsung dengan Global Hub Kuala Tanjung.

Dengan keunggulan geografis yang sangat strategis tersebut, KEK Sei Mangkei akan berkembang pesat dan menjadi simpul ekonomi dunia. Hadirnya KEK Sei Mangkei, diharapkan Indonesia dapat mengurangi ketergantungan pada bahan baku impor dalam memenuhi berbagai kebutuhan bagi masyarakat.
 
Selain itu, investor Malaysia juga tidak menutup diri menanamkan investasinya jika rencana pembangunan pelabuhan baru di pesisir kawasan Percut Seituan, Deli Serdang.
 
“Sumatera Utara memiliki banyak potensi. Begitu juga, Malaysia punya banyak investor yang mau menjalin kerjasama bidang apa pun di Sumut. Tetapi tujuan utama dari kerjasama tersebut adalah menjalin hubungan diplomasi dan harmonisasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” tambah Rozian.
 
Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi menyambut baik rencana investor Malaysia menanamkan investasi di Sumut. Meski begitu, Pemprov Sumut akan menawarkan sejumlah bidang potensial seperti pembangunan jalan tol, pembangkit listrik dan kerjasama bidang pertanian dan perkebunan.
 
“Sumut membuka diri menjalin kerjasama dengan investor manapun, termasuk Malaysia. Saya berharap, kerjasama yang dibangun nanti lebih diutamakan bidang yang mendesak seperti pembangkit listrik,” ujar Erry.
 
Meski begitu, Pemprov Sumut tidak membatasi investor untuk menanamkan investasi di bidang yang dianggap menguntungkan.
 
“Saya yakin, semakin banyak bidang kerjasama yang dijalin, makin cepat laju pertumbuhan ekonomi Sumut. Sumut siap menyambut investor dari manapun,” tambah Erry. (BS-001)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Sekda Paparkan Kondisi Sumut kepada Wantimpres

    Beritasumut.com-Ketua Dewan pertimbangan Presiden (Wantimpres) Prof Sri Adingsih bersama rombongan melakukan kunjungan ke Provinsi Sumatera Utara yang

  • 4 tahun lalu

    Pabrik Unilever di KEK Sei Mangkei Diresmikan

    Beritasumut.com - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki aset dan akses atas berbagai sumber daya yang nilainya berskala dunia. Dengan segala sumber

  • 5 tahun lalu

    Singapura Diajak Investasi di KEK Sei Mangkei

    Beritasumut.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi mengajak pengusaha dan investor Singapura untuk menanamkan investas

  • 5 tahun lalu

    PTPN III Pastikan Kebutuhan Listrik KEK Sei Mangkei Terpenuhi Akhir Maret

    Beritasumut.com - PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) memastikan akan memenuhi kebutuhan listrik di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei,

  • 5 tahun lalu

    Wagub Sumut Dorong Investor Guangdong Bangun Pabrik Kelapa Sawit di KEK Sei Mangkei

    Beritasumut.com - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Tengku Erry Nuradi mendorong pengusaha dan investor Provinsi Guangdong, Tiongkok, memban

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.