Kamis, 24 Oktober 2019

Konvensi Federasi Hainan Sedunia ke 13 di Medan

Investor Cina Diajak Investasi di Sumut

Senin, 28 Oktober 2013 01:28:00
BAGIKAN:
Ist

Medan, (beritasumut.com) – Perkumpulan pengusaha dan investor asal Cina yang tergabung dalam Federasi Hainan Sedunia diimbau untuk menjalin kerjasama ekonomi dan sosial di Sumatera Utara. Kerjasama nantinya akan mempererat hubungan saling menguntungkan antara Hainan dengan Sumut.
 
Imbauan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi saat pembukaan Konvensi Federasi Hainan ke 13 resmi dibuka di MICC Hall Hotel Santika Dyandra, Jalan Maulana Lubis, Medan, Ahad (27/10/2013). Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi Sumut dan Provinsi Hainan, Cina juga menandatangi kesepakatan kerjasama bidang pertanian, peternakan dan pariwisata.
 
Selain menyampaikan apresiasi, Wagub Tengku Erry Nuradi memaparkan sejumlah potensi yang dimiliki Sumut termasuk letak secara georafis yang sangat mendukung hubungan kerjasama antara Sumut dangan Hainan.
 
Secara georafis terletak di bagian barat Indonesia, luas wilayah lebih kurang 71.680,68 kilo meter bujur sangkar dan terdiri dari 25 kabupaten dan 8 kota dengan jumlah penduduk lebih kurang 14 juta jiwa, Sumut merupakan salah satu provinsi yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA).
 
“Sumut memiliki Sumber Daya Alam sangat besar dari berbagai sektor seperti pertanian, perkebunan, perikanan dan pertambangan. Selain itu, Sumut juga menghasilkan produk yang telah dikenal dunia seperti kelapa, karet, sawit, kopi, tembakau, rempah-rempah, sayuran dan buah-buahan. Potensi ini membuka peluang untuk kerjasama saling menguntungkan,” papar Erry.
 
Lebih lanjut Erry menjelaskan, komoditas tersebut terus meningkat di pasar dunia dengan ekspor Sumut yang surplus. Didukung dengan pertumbuhan ekonomi Sumut juga terus membaik, bahkan di atas pertumbuhan ekonomi nasional yakni di atas 6 persen.
 
Saat ini Sumut terus melakukan pembangunan, sebagian diantaranya termasuk dalam Masterplan Percepatan Pembangunan Ekoniomi Indonesia (MP3EI) diataranya pengembangan jaringan dan pembangkit listrik, pembangunan jalan tol, pengembangan jalur keretaapi, pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke yang mengedepankan pengolahan kelapa sawit dan kawasan industri lainnya.
 
“Untuk mendukung semua itu, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam waktu dekat melakukan pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Belawan dari 950 meter menjadi 1.650 meter. Perluasan Pelabuhan Belawan ini diharapkan dapan menampung 1,2 juta peti kemas,” ujar Erry.
 
Tidak itu saja, dalam upaya mendukung keberadaan KEK Sei Mangke di Kabupaten Simalungun, pemerintah juga berencana membangun Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batu Bara dengan panjang pelabuhan mencapai 21 kilometer.
 
“Selain sebagai pelabuhan untuk pengiriman alumunium, pelabuhan Kuala Tanjung nantinya juga melayani ekspor impor. Pemprov Sumut membuka diri untuk bekerjasama dengan berbagai pihak dalam bidang investasi, perdagangan dan pariwisata. Khusus kepada peserta konferensi, saya mengajak untuk memanfaatkan peluang kerjasama menguntungkan dengan Sumut,” ujar Erry.
 
Wagub Sumut juga berharap, pelaku usaha yang tergabung dalam Federasi Hainan untuk membina hubungan baik dengan pengusa, masyarakat dan Pemprov Sumut, tidak terkeculi menjalin hubungan antara Indonesia dengan Cina.
 
“Sebelum pulang dari Sumut, sempatkan mengunjungi sejumlah lokasi wisata di Sumut seperti Danau Toba, Brastagi, Air Tenjun Sipisopiso, Pusat Konservasi Orangutan di Bukit Lawang, bangunan sejarah Istana Maimun dan Masjid Raya Al Mashun serta berbagai ragam kuliner di Sumut,” ujar Erry promosi.
 
Sementara Konsulat Jenderal (Konjen) Cina Yang Lim Zhu mengatakan, Federasi Hainan efektif sebagai wadah mempererat rasa persaudaraan antara pelaku usaha dalam 10 tahun terakhir. Tidak hanya menjadi rumus menjaga harmonisasi, Federasi Hainan juga memberikan sumbangan dalam menggerakkan roda ekonomi dan mempererat ragam suku di Cina
 
“Masyarakat Cina senang bekerjasama dengan Indonesia. Begitu juga bekerjasama dengan masyarakat Sumut. Saya sendiri telah mengunjungi Sumut beberapa kali. Kunjungan itu saya harapkan menjadi langkah untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan,” harap Zhu.
 
Dala kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Hainan Chen Zhi Rong mengatakan, pihaknya tertarik membangun kerjasama bidang pertanian dan peternakan di Sumut.
 
“Hainan tertarik menjalin kerjasama bidang pertanian dan peternakan agar lebih produktif dan bermanfaat ganda karena iklim Hainan dengan Sumut tidak jauh berbeda,” ujar Chen.
 
Sementara Ketua Panitia T Amin Wijaya menjelaskan Konvensi Federasi Hainan ke 13 diikuti 25 kelompok pengusaha terbesar asal Cina dan Sumut. Kongres dilakukan sekali dalam dua tahun. Konvensi sebelumnya digelar di Hongkong.
 
“Pelaksaan konvensi di Medan ini diputuskan saat konvensi Federasi Hainan di Hongkong dua tahun lalu,” sebut Wijaya.  
 
Wijaya berharap, konvensi di Medan dapat menjadi langkah strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kedua negara dalam berbagai bidang, termasuk sektor pariwisata dan peternakan.
 
“Sambutan baik dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menjadi pertimbangan positif bagi peserta federasi untuk menanamkan investasi atau kerjasama lainnya yang saling menguntungkan,” harap Wijaya.
 
Sedangkan Ketua Assosiasi Hainan Indonesia Jauhari Chandra menyebutkan, Konvensi Federasi Hainan ke 13 juga dimaksudkan untuk merangsang wisatawan asal Cina untuk datang ke Sumut. “Saya yakin, wisatawan asal Hainan dan sejumlah provinsi lain di Cina sangat menyukai wisata dan kuliner Sumut,” sebut Chandra. (BS-001)
T#g:investor
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Provinsi Sumut Jadi Tujuan Utama Investor Luar Negeri

    Beritasumut.com–Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu tujuan utama investor dari luar negeri. Hal ini sesuai dengan visi dan mis

  • 3 bulan lalu

    Hadiri Perkenalan Konjen Tiongkok, Wakil Wali Kota Medan: Pemko Siap Terima Investor Tiongkok

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution, MSi mengikuti acara Resepsi Mak

  • 4 bulan lalu

    Pemerintah Ingin Pastikan Arus Investasi Yang Masuk Lebih Mudah

    Beritasumut.com-Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menjel

  • 4 bulan lalu

    Ada Diskon Pajak, Darmin Berharap Dunia Usaha Dorong Tingkatkan Keahlian Pekerja

    Beritasumut.com-Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution berharap pemberian insentif super deduction sebesar 200% bagi pelaku usaha dan pelaku ind

  • 4 bulan lalu

    Walikota Medan Hadiri Halal Bi Halal dan Pembukaan Gudang PT ICDX Logistik Berikat

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution, M.Si mengikuti acara Halal Bi H

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.