Ekonomi

Gubsu Minta Kabupaten Kota/Buat Perda Perlindungan Lahan Tanaman Pangan


Gubsu Minta Kabupaten Kota/Buat Perda Perlindungan Lahan Tanaman Pangan
Beritasumut.com/BS03

Gubsu saat saat membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kepala Badan, Dinas, Kantor yang menangani penyuluhan 

Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menegaskan jangan ada lagi alih fungsi lahan tanaman pangan di Sumatera Utara. Oleh karenanya Erry meminta Pemerintah Kabupaten/Kota yang memiliki lahan tanaman pangan agar menerbitkan peraturan daerah (Perda) perlindungan lahan tanaman pangan.

Hal ini dikatakan Erry saat membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kepala Badan, Dinas, Kantor yang menangani penyuluhan kabupaten/kota dan Pimpinan Balai Penyuluhan Kecamatan se Sumut di Hotel Garuda Plaza Medan, Selasa (21/06/2016).

Dikatakan Erry, dirinya sangat menyayangkan kecenderungan pengalihan lahan pertanian tanaman pangan menjadi perkebunan sawit yang marak dalam beberapa dekade terakhir. Padahal menurut dia hasil padi sawah dengan irigasi yang baik bisa jauh lebih menguntungkan daripada bertanam sawit. Karena itu dia menghimbau Pemkab/Pemko untuk menerbitkan Perda agar alih fungsi lahan pertanian pangan bisa dicegah.

"Pemprov Sumut bersama DPRD Sumut sudah menerbitkan Perda Nomor 3 tahun 2015 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Perda ini diharapkan bisa disahuti pemerintah kabupaten/kota yang memiliki lahan pertanian tanaman pangan untuk menerbitkan perda pendukung di daerah masing-masing," ujar Erry.(BS03)


Tag:Gubsu