Jumat, 20 September 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • APEC Diharapkan Tingkatkan Penjualan Produk Lokal

APEC Diharapkan Tingkatkan Penjualan Produk Lokal

Selasa, 25 Juni 2013 23:30:00
BAGIKAN:
Ist

Medan, (beritasumut.com) – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sampai saat ini sangat penting kedudukannya dalam perekonomian Kota Medan. Peran UMKM juga sangat dominan, terutama dalam penyerapan angkatan kerja. Di samping itu UMKM sangat besar peranannya untuk menjadi perisai ekonomi agar tidak masuk pada jurang krisis berkepanjangan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), proporsi jumlah pengusaha mikro, kecil dan menengah di Medan mencapai 99 persen dari total pengusaha yang ada.

“Hal ini menunjukkan besarnya ketimpangan produktifitas antara usaha besar dan UMKM. Kondisi ini memerlukan perkuatan dari berbagai pihak secara sinergis terhadap UMKM,” kata Pelaksana Tugas Walikota Medan Dzulmi Eldin dalam acara Field Trip (kunjungan lapangan) peserta Policy Partnership on Food Security (PPFS) Plenary 2 Senior Official Meeting (SOM) III Asia Pasific Economic Coorporation (APEC) Tahun 2013 di kawasan Rumah Pangan Lestari, Jalan Petunia Raya, Kelurahan Namo Gajah, Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa (25/6/2013).

Eldin menjelaskan, sampai Tahun 2012, jumlah UMKM di Medan mencapai 222.133 pelaku usaha dengan jenis usaha perdagangan jasa, industri kerajinan dan aneka usaha. Mengingat potensi besar yang ada pada UMKM, Pemko Medan menetapkan peningkatan kedudukan, fungsi dan peranan UMKM dalam perekonomian kota sebagai salah satu agenda prioritas pembangunan.

Karena itulah Eldin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Medan sebagai salah satu kota penyelenggara SOM III APEC Tahun 2013, termasuk melakukan field trip. Dia berharap melalui even ini, promosi, penjualan pangan dan pemanfaatan produk-produk lokal semakin meningkat.

“Melalui kontribusi UMKM, insya Allah perekonomian kita makin terjaga pertumbuhannya. Jadi saya ingin kita tidak menyia-nyiakan momentum pelaksanaan even ini guna mendorong  tumbuhnya daya saing produk dan pangan lokal. Produk-produk UMKM sesungguhnya sangat potensial untuk perluasan ekspor nasional dan regional bila kualitas dan jaminan ketersediaanya dapat terus ditata dan dibina lebih baik,” ungkapnya.   

Eldin selanjutnya berharap, kunjungan lapangan yang dilakukan ini dapat member nilai tambah bagi pengembangan sektor UMKM di tengah persaingan ekonomi global. Mantan Sekda Kota Medan ini optimistis tumbuh kembangnya sektor UMKM dapat mendorong perekonomian dan produk daerah yang semakin berdaya saing. Dengan kondisi tersebut, pelaku UMKM dapat bersaing dengan sektor ekonomi lainnya sekaligus mempunyai kesempatan memperluas pemasaran produknya ke luar negeri.

Field trip merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan delegasi SOM III APEC 2013. Kunjungan yang mereka lakukan di kawasan Rumah Pangan milik Badan Ketahanan Pangan Kota Medan terkait pengembangan UMKM. Terutama yang bergerak di bidang penganekaragamanan pangan dan ketahanan pangan.

Adapun peserta PPFS Plenary 2 SOM III  APEC 2013 yang melakukan field trip ke Rumah Pangan diantaranya H Teramura (Jepang), R Washimori (Jepang), Bae Jong Hyuk (Korea), Choi Yoon Chul (Korea), Kazuko Takabatake (Jepang), Wong Wen Chey (Malaysia), Cao Ying Jua (China), Chandra H (Indonesia), Ridha Putri (Indonesia) Thanawat Sirikul (thailnad), Mei Rochjay (Indonesia), Kirill Antyukin (Rusia), Zhou Ziyi (China), Dea Merriless (Australia), Julio Chan (Peru), Yusof Othman (Malaysia), Han Ji Zhi (Cina) dan Siriwat Suwannasyi (Thailand).

Dalam peninjauan di rumah pangan, mereka melihat aneka tanaman pangan, termasuk memanen kol. Selain itu para peserta juga melihat pembenihan dan pembibitan aneka aneka sayur yang ada di lokasi. Kemudian para peserta melewati jembatan yang diberi nama Jembatan APEC untuk melihat pembibitan ikan air tawar. Sebelumnya, peserta juga melihat dan memanen tanaman di tempat pembenihan di kawasan Ladang Bambu. Umumnya para peserta mengaku tertarik dengan penganekaragaman pangan dan ketahanan yang ada di tempat tersebut. Mereka berharap agar lokasi itu dapat dikembangkan lagi. (BS-024)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    200 Karateka Siap Bertarung Perebutkan Piala Dzulmi Eldin

    Beritasumut.com - Sebanyak 200 atlet karate siap bertanding pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Kei Shin Kan Karate-Do Indonesia Provinsi Sumatera Utara (

  • 4 tahun lalu

    Pengurus BNKP: Eldin Sosok Pemimpin Teruji

    Beritasumut.com - Pengurus Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) Resort 42 Teladan menemui Dzulmi Eldin agar memberikan bimbingan dan arahan kepada para

  • 4 tahun lalu

    Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution Nomor 1, Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma Nomor 2

    Beritasumut.com - Pasangan Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution menjadi peserta dengan nomor urut 1, sedangkan pasangan Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma menjadi pe

  • 4 tahun lalu

    Rahasia Membangun Medan Ada di Tangan Eldin

    Beritasumut.com - Penetapan pasangan Dzulmi Eldin-Ahkyar Nasution sebagai bakal calon (balon) Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan 2016-2021 oleh Partai Na

  • 4 tahun lalu

    Nasdem Usung Eldin-Ahyar di Pilkada Medan

    Beritasumut.com - Partai Nasdem mengusung Dzulmi Eldin dan Ahyar Nasution sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Hal ini terlihat dar

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.